Pelaku UMKM Inovatif, Karung Goni ‘Disulap’ Jadi Barang Bernuansa Etnik

“Kesukaanku dengan barang-barang etnik, ide awal saya menciptakan produk fashion berbahan baku karung goni. Setelah tas dan dompet serta sarung bantal saya jual di pasaran ternyata animo pasar cukup positif dengan banyaknya pesanan,” kata Tri Nur Utami kepada KRJogja.com saat bersama anggota Paguyuban Wartawan Kulonprogo (PWK) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengadakan press tour, di home industrinya baru-baru ini.

Tri mengungkapkan proses pembuatan produk fashion menggunakan bahan baku kain goni bekas tidak sembarangan. Sebelum diolah, karung goni bekas dicuci bersih agar tidak menimbulkan iritasi atau gatal bagi bagi kulit pemakainya. “Kalau konsumen menginginkan produk fashion dari karung goni baru, ya saya buatkan,” ujarnya.

Tahap selanjutnya bahan karung goni dibuat pola sesuai yang keinginan atau pesanan. Agar produk Ghoniku lebih unik maka bisa dikombinasi dengan kain lain. Seperti kain batik atau tenun. “Dengan demikian motifnya beragam,” ujarnya menambahkan harga produk Ghoniku relatif murah.

BERITA REKOMENDASI