Pengeluaran Driver Ojol di Yogya Ini Turun Hingga Rp 30 Ribu Perhari

YOGYA, KRJOGJA.com – Hermawan Tri Setiadi, salah satu driver ojek online Gojek di Yogyakarta yang juga anggota komunitas Prapatan Ojek Online (Partono) sejak dua minggu terakhir bisa bernafas lebih panjang. Betapa tidak, kini pengeluaran operasional sehari-hari sebagai pengojek online bisa berkurang hingga Rp 30 ribu yang berarti pendapatan lebih untuk tabungan masa depannya. 

Bukan tanpa sebab pengeluarannya bisa berkurang cukup signifikan. Penyebabnya, adanya Pojok Swadaya yang diperkenalkan Gojek sejak dua minggu terakhir. 

Tempat makan, warung kelontong, cucian motor hingga penjual bensin yang memang merupakan kebutuhan Gojekers sehari-hari kini bisa diakses menggunakan Gopay dan memberikan cashback hingga 50 persen. Kebutuhan utama Hermawan seperti bensin, makan dan air pub bisa dipenuhi dengan lebih murah. 

“Kalau driver bertransaksi beli, misal butuh bensin dapat cashback, beli makan dan air mineral juga dapat cashback. Berarti pengeluaran kami bisa ditekan dalam sehari. Kalau saya paling pokok ya bensin, makan dan air mineral, itu jadi lebih murah,” ungkap Hermawan ketika berbincang dengan KRjogja.com Sabtu (2/11/2019). 

Hermawan mengakui biasanya mengeluarkan uang Rp 50-70 ribu dalam sehari, tergantung jarak yang ditempuh untuk melayani pengorder. Namun, kini setelah adanya Pojok Swadaya, pengeluaran hariannya turun hingga Rp 30 ribu. 

“Sekarang dalam sehari pengeluaran saya pribadi sekitar Rp 30-50 ribu, ya bisa hemat jauh lebih banyak. Uang yang saya kumpulkan bisa lebih banyak berarti, dan itu sangat membantu saya pribadi bersama komunitas di Partono,” imbuh warga Sonopakis Kidul tersebut. 

Sementara salah satu pemilik Pojok Swadaya yakni Pondok Makan Ilham, Dyas Utami pun merasakan dampak positif setelah ikut dalam program yang diinisiasi Gojek bersama mitra pengemudi tersebut. “Alhamdulillah pendapatan saya juga meningkat karena ikut pojok swadaya Gojek ini,” ungkapnya singkat.

Baca Juga : 

Pojok Swadaya Warung Bu Sumarsih, Bantu Driver Gojek Hemat Pengeluaran Saat Bekerja

Pojok Swadaya merupakan inisiatif terbaru Gojek, bekerja sama dengan para pelaku UMKM lokal mulai dari warung makanan dan minuman, kelontong, serta tempat cuci mobil dan motor untuk memberikan diskon khusus mitra driver Gojek.

Di Yogya terdapat 10 Pojok Swadaya dan akan bertambah lagi.  Beberapa Pojok Swadaya bermitra dengan keluarga mitra driver Gojek yang memiliki usaha makanan minuman, kelontong, dan cuci motor dan mobil.

Pojok Swadaya digunakan pula oleh mitra driver untuk rehat sekaligus untuk berhemat karena mereka di area yang berisikan jaringan UMKM kuliner hingga warung, yang memberikan diskon khusus untuk mitra driver Gojek. Selain itu Pojok Swadaya berlokasi di area basecamp mitra driver, sehingga mitra yang sedang menunggu orderan dapat beristirahat di area tersebut secara hemat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI