Rahasia Dibalik Melejitnya Kafe Taru Martani, Bangunan Heritage Tambah Kesan Menarik

DI TENGAH menjamurnya kafe dan kemudian datang pandemi Covid-19, sejumlah kafe diantaranya bertahan. Bahkan malah ada yang melejit. Salah satu di antaranya, Taru Martani Coffe & Resto yang berada halaman pabrik cerutu milik Pemda DIY, PT Taru Martani.

Grafik usaha kafe ini seperti mengikuti usaha induknya, yang kini juga melejit dengan omzet produksi cerutu 4-5 kali lipat sejak pergantian manajemen pada tahun 2018. Awalnya, kafe ini saat buka pada tahun 2,5 tahun lalu, hanya dengan tenaga 3 orang saja. Kini seiring dengan membludaknya tamu, saat ini mempekerjakan 32 karyawan. “Prinsip dalam menjalankan usaha kafe, bagaimana pengunjung menikmati. Tidak hanya sajian, tapi pelayanan. Karena kafe itu kan melayani orang nongkrong. Sehingga harus menciptakan kesan yang baik,” ujar Direktur PT Taru Martani, Drs Nur Achmad Affandi MBA berbagi kisah kepada para pedagang Zona Kuliner Pasar Pasty dengan didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono dan jajarannya, Rabu (5/1/2022).

Rombongan pedagang dipimpin ketua paguyubannya, Marhanus Hastono. Sedangkan Yunianto didampingi Kepala Bidang Pasar Rakyat Gunawan Nugroho Utomo, Kepala UPT Pasty Agus Purnomo dan Bakoh Tupon Langkir Hadi dan Fajar Agung. Kehadiran para pedagang tersebut dalam upaya menimba ‘ilmu’ dan pengalaman untuk membangkitkan zona kuliner Pasty.

BERITA REKOMENDASI