Sopir Bus Malam ini Sukses ‘Banting Stir’ jadi Desainer Logo Handal

MASALAH ekonomi membuat banyak orang beralih profesi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Keadaan itu juga yang dialami oleh Muhammad Abdul Bar, mantan seorang supir bus malam jurusan Magelang – Jakarta yang kini beralih profesi menjadi seorang desainer logo. Bahkan, dinobatkan sebagaitokoh inspiratif penggagas 'Kampung Desain".

Abdul Bar awalnya berprofesi sebagai supir bus malam jurusan Magelang – Jakarta. Hingga suatu ketika saat sedang mengendarai bus beliau mendapat kabar dari istrinya bahwa anaknya yang sedang bersekolah di SMK terpaksa tidak mengikuti ujian semester karena belum membayar SPP.  Selanjutnya, menyadari bahwa upah seorang supir bus tidak sebanding dengan resiko yang harus dihadapinya. 

Keesokan harinya beliau mencari lowongan pekerjaan dengan modal googling sampai kemudian ia menemukan keyword tentang desain dan membaca beberapa artikel tentang desain. "Waktu itu lagi browsing tentang lowongan pekerjaan, ga sengaja ketemu keyword tentang dunia desain dan akhirnya saya baca artikel – artikel tentang desain dari situ", imbuhnya. 

Kemudian berinisiatif membuat akun media sosial Facebook dan 'terjebak' oleh salah satu grup desainer. Lambat laun mulai menggeluti dunia desain akhirnya ia berhenti menjadi supir bus malam dan banting setir ke dunia desain.

"Awalnya saya penasaran sama logo Nike dan Apple. Kenapa logo sesimpel itu bisa nampang dimana – mana. Setelah membaca beberapa artikel baru saya tau ternyata setiap brand punya keunikan masing – masing yang ditonjolkan dari logonya”, lanjutnya sambil tersenyum. Inilah yang membuat Abdul Bar mulai menekuni desain logo.

Menurut Abdul Bar, yang mahal dari logo itu bukan gambarnya tetapi idenya karena butuh waktu tenang untuk mencari sebuah inspirasi.

Muhammad Abdul Bar hadir dalam Talkshow Inspirasi Indonesia pada Festival Indonesia Bi5a! yang dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Oktober 2018 di Atrium Plaza Ambarukmo bersama dengan dua tokoh lain yaitu Yudhi Prasetyo dan Enda Nasution. (Rizky Aditya)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI