1.724 Atlet Disabilitas Ikuti Ajang Special Olympic Nasional 2022

Editor: Ary B Prass

SEMARANG, KRJOGJA.com – 1.724 atlet penyandang disabilitas dari 12 cabang olahraga akan unjuk kemampuan di Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) yang digelar mulai Minggu hingga Jumat (3-8/7/2022) di Semarang.
Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) merupakan pembaruan dari Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOIna yang rutin digelar setiap empat tahun sekali sebagai wahana pembinaan atlet penyandang disabilitas intelektual.
Ketua Umum Special Olympics Indonesia ( SOIna), Warsito Ellwein mengatakan jika Pesonas 2022 juga sebagai ajang seleksi atlet yang akan mewakili Indonesia pada Summer Olympic World Gamed (SWOG) tahun 2023 di Berlin, Jerman.
“Nantinya atlet penyandang disabilitas berprestasi yang unggul akan dikirim ke Summer Olympic World Gamed (SWOG) mewakili Indonesia,” ujar Warsito dalam keterangan pers di Semarang, Minggu (3/7/2022) sore.
Ada 12 cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan dalam Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022, diantaranya yakni Atletik, Bulutangkis, Bocce, Bola Basket, Bola Voli, Bola Tangan, Senam Ritmik, Tari Daerah, Futsal, Tenis Meja, Sepakbola dan Renang.
Selain 12 cabor, lanjut Warsito, ada pula kegiatan lain seperti seni, budaya, kongres keluarga dan pemuda SOIna, pemeriksaan kesehatan, serta berbagai bentuk inovasi lain.
Berbeda dengan Pornas SOIna sebelumnya, event PeSONas kali ini juga diisi dengan pentas seni budaya dan talkshow neurosains tentang anak bertalenta khusus.
Warsito menyebut jika ajang Pesonas digelar untuk mencetak talenta-talenta baru dari kalangan anak-anak penyandang disabilitas intelektual.

BERITA REKOMENDASI