150 Pembalap Ikuti latihan Resmi Kejurnas Motokros

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Sekitar 150 dari seluruh Indonesia akan mencoba sirkuit Arena Bermain Otomotif Tambakrejo Tempel, Sleman dalam latihan resmi Kejurnas Motokros putaran X-2016 Sabtu (3/9) pagi ini mulai pukul 08.00 hingga selesai. Setelah latihan resmi usai diteruskan lomba penyisihan masing-masing race untuk setiap kelas yang dipertandingkan. Sedangkan pada hari kedua Minggu (4/9) dilanjutkan race semifinal dan final.

"Event ini melibatkan sekitar 150 pembalap dari berbagai kota di Indonesia, di antaranya Kalimantan, Jabar, Jateng, dan pembalap tuan rumah DIY," ujar Nursatwika, selaku Ketua umum Pengda IMI DIY kepada KR, Jumat (2/9).

Event motokros yang digeber di Yogyakarta kali ini melombakan 11 kelas terdiri dari 4 kejuaraan resmi Kejurnas (MX 2, MX 2 Junior, SE 85 CC dan SE 65 CC) ditambah dengan 9 kelas pendukung-non Kejurnas (MX 2 Novice, SE 65 CC Novice, SE 50 CC, Trabas Non SE (Hobbies), Executive A, Executive B dan Minimoto s/d 15 tahun). "Kejurnas ini memperebutkan hadiah uang sebanyak Rp 50 juta, trofi dan sertifikat," katanya.

Nursatwika menjelaskan, arena Bermain Otomotif Sirkuit Tambakrejo sudah memiliki sirkuit/lintasan Motokros permanen yang memenuhi standard nasional, memiliki panjang lintasan 1200 meter dan lebar rata-rata 8 meter serta mampu menampung 28 starter dalam satu kali balapan. Sirkuit ini dilengkapi pula dengan 10 handicap (rintangan) serta 9 tikungan.

Diakui Nursatwika, sirkuit Tambakrejo pertama kali digunakan dalam kejuaraan terbuka 'Motokros 1 Abad Sleman dan 110 Tahun IMI Championship 2016", di mana event ini mendapat sambutan positif baik dari pengurus daerah IMI Yogyakarta maupun para pembalap yang mengikuti kejuaraan tersebut.

"Upaya bagus sekali, memang di wilayah Jogja belum ada sirkuit bertaraf nasional seperti ini, harapan nya bisa menjadikan contoh untuk daerah lain, bisa menyediakan sarana olahraga motor yang baik dan memenuhi persyaratan," ungkap Nursatwika, seraya menjelaskan pada Jumat kemarin, peserta telah menjalani scrutineering (pemeriksaan) kendaraan yang akan dipakai dalam latihan resmi dan lomba penentuan juara Minggu (4/9). (Rar)

BERITA REKOMENDASI