2018, Indonesia Tuan Rumah Piala Asia U-19

KUALA LUMPUR, KRJOGJA.com – Setelah melalui proses menimbang-nimbang, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) memastikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 yang berlangsung pada 18 Oktober hingga 4 November 2018.

“Konfederasi menilai Indoensia sebagai calon kuat dibandingkan anggota lainnya. Dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah juga unutk membangkitkan dan membangun sepakbola mereka kembali bangkit setelah terkena sanksi FIFA,” mengutip dari laman resmi AFC.

Jelas, penunjukan ini merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia. Dengan ditunjuknya sebagai tuan rumah, Tim Nasional (Timnas) Indonesia racikan Indra Sjafri akan tampil di putaran final, layaknya yang mereka lakukan pada 2014. Namun sayang saat itu, Evan Dimas dan kawan-kawan terhenti di fase grup setelah kalah bersaing dari Uni Emirat Arab, Australia dan Uzbekistan.

Setidaknya untuk menjadi tuan rumah, Indonesia akan menyiapkan empat stadion untuk menggelar pertandingan. Keempat arena itu disebut-sebut ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Gelora Bandung Lautan Api, Pakansari dan Si Jalak Harupat.

Nantinya, Piala Asia U-19 2018 akan diikuti 16 negara. Untuk menentukan negara-negara mana yang akan tampil, AFC akan menggelar kualifikasi pada 31 Oktober hingga 8 November 2017.

Uniknya, Indonesia yang berstatus tuan rumah juga mengikuti fase kualifikasi ini. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan tergabung di Grup F bersama tuan rumah Korea Selatan, Brunei Darussalam, Timor Leste dan Malaysia. Meski begitu, jika nantinya Indonesia gagal finis di dua besar, Garuda Nusantara –julukan Timnas U-19– tetap lolos ke putaran final. (*)

BERITA REKOMENDASI