85 Pembalap Bersaing Ketat di SSA

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Para pembalap mobil yang tergabung dalam cabor sprint rally, ngebut bareng dalam ajang Jogja Sprint Rally STIE Mitra Indonesia dan Beagle Team I-2020. Sebanyak 85 pembalap tampil di trek beraspal dan tanah di sirkuit kompleks Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul selama dua hari.

Pada hari pertama, Sabtu (07/03/2020) para pembalap menyelesaikan dua special stage (SS). Sedangkan Minggu (08/03/2020) menghadapi SS ketiga dan keempat. Para pereli datang dari berbagai kota di Indonesia. Dari Yogya di antaranya Beagle Team, Suzuki Jeep Indonesia (SJI) dan lain-lain.

Pembina STIE Mitra Indonesia, Agus Ambaryanto yang sekaligus ketua penyelenggara menjelaskan, untuk menghindari risiko, untuk trek yang bertanah terpaksa dipangkas. Tapi jaraknya masih sesuai aturan. Karenanya untuk trek yang bertanah lurus sepanjang 95 meter dan trek aspal 120 meter.

Kejuaraan ini mempertandingkan 11 kelas, tiga kelas di antaranya merupakan kelas tambahan. Satu kelas masuk klasifikasi mobil untuk rally Asia-Pasifik. Sedangkan dua kelas lagi mobil yang ber CC besar-V8 (3 peserta).

“Peserta yang masuk 9 kelas inti, rata-rata yang diambil juara I-V. Tapi yang mendapat uang pembinaan dan trofi hanya juara I,II dan III. Sedangkan juara IV dan V hanya mendapat trofi,” ujar Agus Ambaryanto yang akrab disapa Gambir.

Koordinator lapangan, Ismono menjelaskan, kejuaraan ini untuk promosi STIE Mitra Indonesia. Selain itu, untuk menumbuhkan minat anak muda terhadap olahraga otomotif, khususnya sprint rally serta kontribusi wisata di DIY khususnya di Bantul.

Ketua Suzuki Jeep Indonesia (SJI) Thole, di sela perlombaan mengatakan, dirinya baru pertama kali ikut Sprint Rally. “Sebelumnya, saya ikut offroad, makanya mobil yang saya pakai kali ini bersama Feri (navigator) adalah mobil offroad,” beber Thole. (Rar)

BERITA TERKAIT