Marquez di Balik Kesuksesan Quartararo di MotoGP?

MOL, KRJOGJA.com – Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo bisa dikatakan telah melalui musim perdananya dengan sukses di MotoGP 2019. Ia mampu dinobatkan sebagai pembalap rookie of the year karena menjadi rider debutan yang paling bersinar di tahun tersebut.

Tak hanya unggul dibandingkan dengan pembalap rookie lainnya, Quartararo bahkan bisa dikatakan jauh lebih baik ketimbang beberapa rider senior. Sebab Quartararo beberapa kali bersaing ketat dengan Marc Marquez untuk memenangkan balapan.

Karena itulah, Quartararo disebut sebagai pembalap yang cukup sensasional dan diperhitungkan di kelas MotoGP kali ini. Akibat kehebatannya itu, Quartararo bahkan sudah direkrut tim pabrikan Yamaha untuk musim 2021 dan 2022.

Tentu apa yang dilakukan Quartararo itu sangatlah luar biasa. Menariknya, Quartararo bisa jago seperti sekarang ini ternyata ada kontribusi tak langsung dari Marquez. Sebab gara-gara pembalap Honda itu, El Diablo –julukan Quartararo– sering latihan disaat masih sangat muda.

Jadi, sebelum mengenal Marquez, Quartararo mengaku cukup jarang latihan. Ia berlatih hanya seperlunya saja dan tak terlalu banyak. Namun, ketika Marquez berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2013 dan mengetahui kunci kesuksesan The Baby Alien adalah latihan, maka Quartararo langsung berusaha untuk berlatih terus menerus.

Quartararo mengaku sampai latihan di lintasan berlumpur karena Marquez melakukan hal itu. Intinya Quartararo selalu mencoba latihan yang dipakai Marquez denagn harapan mampu mengikuti jejak pembalap asal Spanyol tersebut.

“Marc (Marquez) memenangkan 10 balapan pertama kali pada 2014 silam dan kami bisa mengetahui bahwa Marquez terus berlatih. Lalu semua orang mengubah cara latihan mereka (untuk menjadi seperti Marquez). Saya melihatnya ketika saya berada di Moto3 dan hal tersebut semakin memotivasi saya,” ungkap Quartararo, dikutip dari Autosport, Selasa (16/6/2020).

“Saya memulai latihan di lintasan berlumpur dua tahun yang lalu karena Marc melakukan latihan di lintasan yang berlumpur. Menurut saya latihan itu adalah salah satu latihan terbaik dari dirinya,” tutup rekan setim Franco Morbidelli itu.

BERITA REKOMENDASI