Ancaman Virus Korona Bikin Vettel Waspada Tampil di F1 GP Australia

Editor: Agus Sigit

MELBOURNE, KRJOGJA.com – Pembalap Tim Scuderi Ferrari, Sebastian Vettel, menilai pentingnya bersikap hati-hati saat tampil di Formula One (F1) Grand Prix (GP) Australia 2020. Sebab, seri tersebut digelar di tengah merebaknya wabah virus korona.

Ancaman virus korona memang turut menghantui gelaran F1 GP Australia 2020. Meski pihak penyelenggara menyatakan kondisi aman dan siap untuk menggelar seri pembuka F1 musim ini tersebut, sejumlah kekhawatiran tetap dirasakan oleh para pembalap.

Apalagi, sebuah kabar menyebut bahwa ada lima anggota tim F1 yang kini tengah menjalani tes virus korona. Kelima anggota tim itu berasal dari Haas dan McLaren. Mereka diminta menjalani tes setelah menunjukkan tanda-tanda terinfeksi virus korona. Hingga kini, hasil tes sendiri belum keluar.

Mendapati situasi tersebut, Vettel mengatakan bahwa pentingnya bersikap hati-hati saat ini. Sebab, segala hal dinilai sangat mungkin terjadi saat kondisi tidak jelas seperti sekarang.

“Situasi saat ini tidak jelas. Banyak acara olahraga dibatalkan, jadi orang bertanya-tanya bagaimana kami di Formula 1. Lewis (Hamilton) benar sekali, ketika dia membahas mengapa kami ada di sini. Saya merasa sangat sulit untuk menilai situasi dengan benar,” ujar Vettel, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Kamis (12/3/2020).

“Kami perlu diyakinkan dengan penilaian FIA untuk mengambil tindakan yang benar. Pertanyaan sebenarnya adalah, seberapa terkendali situasi yang kami hadapi sekarang ini? Beberapa orang mungkin sudah sakit, tetapi kami tidak melihatnya. Saya juga tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk suatu penyakit hingga dapat terlihat,” lanjutnya.

“Seseorang dapat mendiskusikan apakah kami seharusnya tidak semua tahu. Kami harus hati-hati. Saya tidak tahu apa yang akan kami lakukan ketika memiliki orang-orang sakit di paddock Formula 1. Saya harap itu tidak sampai ke titik di mana kami memiliki kasus serius atau bahkan kematian,” tukas Vettel.

BERITA TERKAIT