Autochem Racing Siap Pecahkan Rekor Drag Race di Indonesia

JAKARTA.KRJOGJA.com – Autochem Racing, tim balap bentukan PT Autochem Industri siap memecahkan rekor drag race di Indonesia. Saat ini rekor tersebut dipegang Robert Paul dengan catatan waktu 9,278 detik untuk lintasan 402 meter di sirkuit Sentul tahun 2005 lalu.

Robert Paul, pria kelahiran Edmonton Kanada ini mulai berkompetisi di Indonesia sejak 1995 dengan mengikuti balap supercar. Beragam prestasi telah ditorehkan dan tetap aktif di dunia balap hingga saat ini.

Guna memecahkan rekor drag race yang masih dipegangnya sendiri, Robert Paul akan menunggangi Holden Torana produksi tahun 1974 bermesin V8, yang mampu menghasilkan tenaga lebih dari 1.500 horse power (hp) di 7.000 rpm.

Dengan spesifikasi mesin tersebut, Autochem Racing memasang target waktu Holden Torana untuk meraih waktu dikisaran 8 detik untuk lintasan 402 meter. "Ini merupakan target yang cukup menantang. Setelah 13 tahun rekor tak terpecahkan, tentu persiapan matang dalam meracik Holden Torana diperlukan keseriusan," kata Taqwa SS, kepala Tim Mekanik Autochim Racing, di Jakarta, Sabtu (07/04/2018).

Menurut Taqwa, ada tiga sirkuit yang sudah disurvei untuk ajang pemecahan rekor drag race tahun 2018 ini. Ketiganya adalah sirkuit Sentul, sirkuit di Bandung dan di Wonosari. "Yang jadi pertimbangan adalah bagaimana sirkuit itu mampu mengatasi pengereman setelah finish," ujarnya.

Robert Paul sebagai dragster juga mengakui hal yang sama, dengan kecepatan finish meningkat melebihi 260 km/jam akan memerlukan kesigapan saat melakukan pengereman saat finish. "Mengingat Indonesia belum memiliki trek khusus untuk drag race. Jadi tidak semata berkonsentrasi saat start dan lintasan, kemampuan deselerasi pun perlu diperhitungkan," jelasnya.

Drag race menjadi salah satu ajang balap paling diminati di Indonesia. Salah satu buktinya adalah jumlah peserta yang rata-rata berkisar antara 200-300 starter setiap gelaran drag race berlangsung. Daerah penyelenggaraan juga tidak hanya di sirkuit Sentul saja, namun tersebar di kota-kota besar seperti Bandung, Semarang, Surabaya dan Medan.

Begitu banyaknya peserta di ajang drag race, membuat keberadaan Autochem Racing menjadi cukup penting sebagai media promosi. "Dengan membawa  brand Prestone dan Master, otomatis Autochem Racing kian mendekatkan lini produknya ke penggemar otomotif nasional," ujar Marketing Director PT Autochem Induatri, Christopher Sada. (Imd)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI