Marquez Belum Tahu Kapan Kembali Balapan

MADRID, KRJOGJA.com – Kondisi Marc Marquez terus membuat para penggemar MotoGP penasaran. Mantan juara dunia 500cc (MotoGP), Alex Criville, mengklaim sudah diajak berbicara oleh juniornya itu. Kepadanya, The Baby Alien mengaku belum tahu kapan bisa kembali mengaspal lagi.

Sebagaimana diketahui, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus di lengan kanan. Cedera itu didapat usai terjatuh pada seri perdana MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli malam WIB. Pria berusia 27 tahun itu langsung menjalani operasi pada Selasa 21 Juli 2020 di Barcelona.

Kejutan sempat terjadi ketika Marc Marquez muncul di Sirkuit Jerez-Angel Nieto untuk balapan kedua, MotoGP Andalusia 2020, pada Kamis 23 Juli. Tim medis bahkan menyatakan dirinya fit untuk membalap. Setelah absen pada sesi latihan Jumat 24 Juli, Marc Marquez turun pada FP3.

Sayangnya, ia menyatakan mundur dari MotoGP Andalusia 2020 setelah mengendarai motor RC213V. Marc Marquez kembali absen pada seri ketiga, MotoGP Republik Ceko 2020, 9 Agustus lalu. Cederanya ternyata kambuh gara-gara hal sepele, yakni membuka jendela.

Tim dokter lantas melakukan tindakan bedah kedua pada awal Agustus 2020. Sejak itu, kabar Marc Marquez belum terdengar lagi. Repsol Honda memilih berhati-hati menentukan kapan kembalinya sang pembalap. Ia diminta fokus memulihkan cedera alih-alih memikirkan soal gelar juara dunia.

Penasaran dengan kondisi sang juara bertahan, Alex Criville mencoba bertanya langsung. Ternyata, Marc Marquez sendiri belum tahu kapan dirinya bisa kembali mengaspal pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 karena ingin pulih 100%.

“Saya sudah berbicara dengan Marc dan dia menyatakan ingin kembali dengan lebih kuat. Karena itu, dia butuh waktu lebih lama. Ia bahkan tidak tahu kapan akan kembali membalap,” papar Alex Criville, seperti dikutip dari AS, Sabtu (22/8/2020).

Tentu saja, semakin lama Marc Marquez absen dari balapan, peluangnya untuk menjadi juara dunia mengecil. Saat ini saja, dirinya sudah tertinggal 67 poin dari pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo.

Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 memang masih menyisakan sembilan seri lagi, termasuk MotoGP Styria akhir pekan ini. Masih ada 225 angka lagi yang bisa dikejar oleh setiap pembalap. Setelah akhir pekan ini, maka balapan menyisakan delapan seri lagi dengan maksimal angka 200.

Jika masih ingin jadi juara dunia, Marc Marquez harus berharap Fabio Quartararo tidak menambah poin maksimal 25 akhir pekan ini. Sebab, selisih 67 angka saja baru bisa dikejar paling tidak tiga balapan beruntun dengan catatan Marc Marquez selalu menang dan El Diablo gagal memetik poin.

BERITA REKOMENDASI