Dari Jongkok hingga Celana Dalam, Ritual Unik Rossi dan Marquez saat Balapan

KARIER yang manis berhasil diukir Valentino Rossi dan Marc Marquez di pentas MotoGP. Nama kedua ini sudah begitu tersohor sehingga aksinya di atas sirkuit dalam setiap balapan selalu dinantikan.

Melihat penampilan mereka yang sering kali terlihat fantastis di atas sirkuit, banyak pihak penasaran apa kunci di balik kesuksesan tersebut. Tentu saja, bakat gemilang para pembalap ini dalam dunia balap motor menjadi kunci utama dari kesuksesan di MotoGP.

Tetapi, di balik semua itu, Marquez dan Rossi punya beberapa ritual khusus, yang meski bersifat takhayul, tetapi terus dijalankan karena dinilai bisa membantu penampilan dalam balapan. Ritual khusus yang terlihat unik dari Rossi dan Marquez ini melibatkan beberapa hal, salah satunya adalah celana dalam.

Marquez, yang sudah berhasil merebut delapan gelar juara saat ini, ternyata punya kebiasaan unik yang dilakukan dalam menjalani balapan. Ia mengaku selalu menggunakan celana dalam dengan warna tertentu selama menjalani balapan.

“Untuk sesi latihan bebas, saya selalu mengenakan celana dalam berwarna biru, sedangkan saat balapan akan mengenakan celana dalam warna merah,” ujar Marquez, sebagaimana dikutip dari Box Repsol, Jumat (28/8/2020).

Tak hanya itu, The Baby Alien –julukan Marquez– juga punya cara khusus dalam menaiki motornya. Ia selalu menaiki motornya mulai dari sisi kiri. Meski begitu, Marquez memastikan faktor-faktor ini tidak serta-merta menjadi penentuk kemenangannya.

“Saya selalu naik motor dari sisi kiri dan mengenakan pakaian dengan ukuran yang sama. Namun, semua itu tidak terlalu penting karena faktor utama dalam kemenangan adalah bekerja sama baik dengan seluruh tim agar menjalani balapan dengan luar biasa,” lanjutnya.

Tak hanya Marquez, Rossi juga punya ritual unik yang dilakukannya dalam menjalani balapan di MotoGP. Ia selalu berjongkok di samping kanan motor sebelum balapan.

Selain itu, ada ritual unik lain yang kerap dilakukan The Doctor –julukan Rossi, yakni menggaruk selangkangan dan menarik baju balap di bagian bokong setiap meninggalkan pitlane. Ritual khusus ini diungkapkan oleh mantan pembalap MotoGP, Ben Spies.

“Valentino (Rossi) yang paling percaya takhayul. Yang paling menonjol, paling berbeda, dan aneh secara bersamaan adalah caranya menggaruk bagian selangkangan dan menarik (racing suit) bagian bokong tiap kali meninggalkan pit lane,” ujar mantan rider MotoGP Ben Spies.

“Cuma ada kemungkinan, pertama dia seperti ingin mengatakan, ‘Hai semua orang, lihatlah diri saya,’ atau itulah takhayulnya. Di zaman ini, Anda menggunakan pakaian dalam yang rasanya tak nyaman di bokong, itu artinya pakaian memang tak cocok,” tukasnya.

BERITA REKOMENDASI