Diikuti Ratusan Offroder Jawa Bali

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ratusan jip dari berbagai daerah, memenuhi Lapangan Dukun di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Minggu (05/11/2017). Kegiatan yang digagas pegiat pariwisata dan jip Merapi itu, juga dihadir para senior dan petinggi komunitas Jip Indonesia. Salah satunya Dewan Pembina Indonesia Offroad Federasi (IOF) Pusat M Harjanto yang sering disapa Ki Lurah Offroad Indonesia dan 'The Junggle Man' tersebut.

"Kegiatan seperti ini harus diapresiasi apalagi dilakukan didaerah yang sedang mengembangkan kepariwisataannya dan daerah ini termasuk kawasan rawan bencana (KRB) saat Gunung Merapi Erupsi seperti tahun 2010 lalu. Dan meski baru pertama kali diadakan di wilayah Merapi Kecamatan Dukun, namun ini bisa dikatakan sukses karena pesertanya melebihi target panitia. Ini memperlihatkan antusias peserta pada track dan rute ini yang luar biasa,” kata M Harjanto, usai mengibarkan bendera start peserta.

Ditegaskan, jika para penggemar jip, selama ini tidak cuma soal hobby maupun olah raga saja, namun bisa juga diajak meningkatkan atau mempromosikan wisata lokal, khususnya wisata alam. "Diwilayah ini (dukun), potensinya luar biasa. Banyak jalur bisa dipergunakan karena geografisnya berada di lereng Gunung Merapi yang banyak sungainya dilalui alur lahar. Jadi potensinya untuk jalur ekstrim maupun fun sangat banyak. Dan saya tegasnya, ini bukan masalah mampu atau bisa membeli jip saja tetapi dalam event seperti ini bisa menimbulkan atau memperkuat persaudaraan para pengguna jip. Disisi lain, para pecinta jip juga bisa diajak untuk membantu apabila daerah ini mengalami bencana atau lainnya,” tegasnya.

Pihaknya berharap, event ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, namun tahun berikutnya harus diadakan kembali. "Harus diadakan lagi tahun depan. Namun harus lebih heboh dan dahsyat lagi. Bukan soal berapa kalinya, namun sekali saja dan harus lebih bagus dari tahun ini,” harapnya.

Hadir juga dalam acara ini artis ibu kota Trie Utami bersama offroader senior lainnya serta Kapolres Magelang, AKBP Heri Purnomo. ”Acara seperti tentunya sangat menarik selain menguji adrenalin juga bisa sambil menikmati suasana alam pedesaan dan lereng merapi ini. Hal ini yang sangat menarik minat offroader dan wisatawan untuk datang di Magelang,” ungkap Kapolres yang ikut menjajal jalur fun bersama keluarganya tadi. (Bag)

BERITA REKOMENDASI