Dimas Ekky dan Andi Gilang Catat Prestasi Terbaik

FORTIMAO (KRjogja.com) – Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) menyelesaikan balap CEV International Championship di Sirkuit Algarve, Portugal dengan hasil gemilang. Untuk pertama kalinya, Dimas Ekky mampu finish 5 besar di race pertama di CEV Moto2 European Championship. Sementara itu, Andi Gilang berhasil mencetak prestasi terbaiknya di CEV Moto3 Junior World Championship Portugal dengan finish ke 12 dan berhasil meraih poin pertama di musim ini.
 
Dimas Ekky dan Andi Gilang menghadapi beberapa kendala dalam menemukan setup motor terbaik saat latihan resmi dan kualifikasi pada Jumat dan Sabtu. Tapi, mereka mampu menjalani balap dengan konstan di hari Minggu dan meraih sebuah kesuksesan di balapan CEV International Championship musim ini.
 
Pada race pertama, Dimas Ekky melakukan start yang sempurna dan langsung melesat ke posisi 3. Namun sedikit kesalahan di lap pertama membuatnya turun ke urutan 7. Pebalap Astra Honda Racing Team ini tidak pantang menyerah dan kembali merangsak ke posisi 5 setelah menaklukkan dua pebalap saat balapan berlangsung setengah jalan. Di race kedua, Dimas menghadapi masalah lebih berat.

Suhu udara mendadak meningkat dan angin bertiup lebih kencang, sehingga menyulitkan bagi semua pebalap. Dimas kesulitan mengendalikan motor karena sliding dan beberapa kali hampir terjatuh. Dimas finish ke-8 pada race dua. Melalui performanya ini, Dimas mendapatkan 8 poin di race kedua dan 11 poin di race pertama. Tambahan 19 poin ini mendongkrak posisi Dimas Ekky menjadi urutan 7 di klasemen pebalap dengan total 55 poin.
 
“Balapan kali ini sangat berat dengan suhu yang sangat panas. Suhu udara hari ini merupakan yang terpanas dalam minggu ini. Di race pertama saya bisa menyelesaikan balapan dengan baik merebut posisi 5, di race 2 suhu lebih panas lagi ditambah hambatan angin sangat besar di trek lurus yang tidak bisa dihindari. Posisi ban belakang juga terus sliding, sehingga motor lebih susah dikendalikan," kata Dimas Ekky sebagaimana keterangan persnya.

Andi Gilang menghadapi tantangan yang berbeda di kelas Moto3. Pebalap asal Bulukumba ini harus menjalani balapan dengan setup motor yang belum sempurna selama sepekan ini. Meski masih merasa tidak nyaman dengan setup tersebut, pebalap Astra Honda Racing Team ini tetap percaya diri dan memperlihatkan catatan waktunya dengan konstan saat balapan di kelas Moto3 Junior World Championship. Dengan kondisi cuaca sirkuit yang panas di Portugal Selatan ini, Andi Gilang berhasil finish pada salah satu lintasan terberat di ajang CEV International Championship ini.

Kendati beratnya balapan menyebabkan 12 pebalap terjatuh di sirkuit ini, Pebalap Moto3 dari Indonesia ini berhasil menjalankan strategi jitu untuk mengatasi masalah grip ban yang kurang menggigit saat memacu motornya. Andi Gilang menunjukan konsistensi dan kesabaran menunggu saat yang tepat untuk menyalip. Pada lap-lap akhir, Andi Gilang pun menunjukkan pertarungan yang sengit dengan Davide Pizzoli, pebalap dari Italia. Andi Gilang menyalip di dua tikungan sebelum garis finish, meraih posisi 12 dan mendapat 4 poin di klasemen kejuaraan Moto3 Junior World Championship ini. (Fon/Tom)

BERITA REKOMENDASI