Gagal Tampil Apik di Sirkuit Red Bull Ring, Vinales Tak Ambil Pusing

Editor: KRjogja/Gus

SPIELBERG, KRJOGJA.com – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, gagal menampilkan performa yang memuaskan dalam gelaran MotoGP Austria 2020 yang dilangsungkan akhir pekan lalu di Sirkuit Red Bull Ring. Pasalnya, Vinales hanya mampu menyelesaikan balapan dengan finis di posisi ke-10.

Vinales sebenarnya mencatatkan hasil bagus saat sesi kualifikasi di Sirkuit Red Bull Ring tersebut. Sebab, pembalap berjuluk The Top Gun itu mampu meraih pole position dengan 1 menit 23,450 detik.

Ketika balapan dilangsungkan, Vinales sebenarnya masih cukup mampu bersaing di jajaran depan. Meskipun kemudian ia perlahan mundur hingga menempati posisi keenam ketika terjadi kecelakaan hebat yang melibatkan Johann Zarco dengan Franco Morbidelli.

Petaka bagi Vinales baru terjadi setelah restart. Memulai dari posisi keenam, Vinales justru semakin melorot. Pembalap berpaspor Spanyol itu menerangkan kalau kopling motornya terlalu panas, sehingga membuatnya kesulitan untuk mempertahankan kecepatan.

Vinales pun mengakui bahwa Sirkuit Red Bull Ring bukanlah lintasan yang bersahabat dengan motor balap Yamaha. Sebab, Sirkuit Red Bull Ring didominasi oleh trek lurus yang mana itu menjadi keuntungan bagi motor balap Ducati.

Pada akhirnya, balapan tersebut dimenangkan oleh pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso. Dan sebagai hasilnya, posisi Vinales di papan klasemen kini disalip oleh Dovizioso.

Dovi pasalnya kini memgumpulkan mengumpulkan 56 poin dan berhak menempati posisi kedua. Sementara itu, Vinales menduduki tempat ketiga karena hanya punya perolehan 48 poin. Meski demikian, The Top Gun enggan ambil pusing.

“Ini jelas bukan trek terbaik bagi kami, tetapi kami masih menunjukkan potensi yang baik. Pada lap terakhir di balapan kedua (setelah terjadinya kecelakaan) saya cukup cepat. Itu positif karena di banyak balapan saya tidak bisa cepat saat menjelang finis,” jelas Vinales, seperti dikutip dari Speedweek, Jumat (21/8/2020).

“Kami mengambil beberapa aspek positif, bahkan jika benar kami melakukan kesalahan. Untungnya hanya Dovi yang meraih hasil bagus, jadi kami tidak jauh dari klasemen Kejuaraan Dunia,” lanjut Vinales.

Berikutnya, balapan akan kembali dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring pada Minggu 23 Agustus 2020 malam WIB. Hanya saja, balapan kali ini diberi tajuk MotoGP Styria 2020.

BERITA REKOMENDASI