Honda Bantah Paksakan Marquez Balapan di Andalusia

JEREZ, KRJOGJA.com – Sebuah kabar mengejutkan hadir dari pembalap andalan Tim Repsol Honda, Marc Marquez, jelang dilangsungkannya balapan seri kedua MotoGP musim 2020 di sirkuit Jerez pada akhir pekan ini. Ya, Marquez dipastikan bakal tampil di balapan bertajuk MotoGP Andalusia 2020 tersebut.

Sebagaimana diketahui, Marquez memang sempat diperkirakan bakal absen tampil di empat balapan ke depan. Hal tersebut terjadi setelah Marquez mengalami cedera patah tangan kanan, usai mengalami kecelakaan di MotoGP Spanyol 2020 pada akhir pekan kemarin.

Setelah mengalami nasib naas tersebut, Marquez sendiri menjalani operasi untuk menyembuhkan cedera lengan kanannya. Operasi yang dilakukan The Baby Alien –julukan Marquez– sendiri berlangsung pada, Selasa 21 Juli 2020, waktu setempat.

Operasi tersebut berjalan sukses dan Marquez kini tengah dalam masa pemulihan. Kondisi tersebut memaksa Marquez disebut-sebut bakal absen mengaspal di MotoGP Andalusia yang berlangsung pada, Minggu 26 Juli 2020.

Akan tetapi beberapa saat lalu, sebuah kabar mengejutkan hadir dari Tim Honda. Ya, mereka mengonfirmasi bahwa Marquez dipastikan bakal tetapi ambil bagian pada seri kedua kejuaraan dunia MotoGP tahun ini.

Selain Marquez, manajemen Tim Honda juga mengumumkan pembalap utama Tim LCR Honda, Cal Crutchlow, yang absen pada seri perdana juga akan tampil di MotoGP Andalusia 2020. Kabar Marquez tetap tampil di MotoGP Andalusia 2020 pun mendapatkan beragam respons dari sejumlah kalangan.

Bahkan ada yang menyatakan bahwa keputusan Marquez dan Crutchlow tampil di MotoGP Andalusia 2020 tidak murni dari keinginan mereka sendiri, namun ada campur tangan dari para petinggi Tim Honda.

Ya, banyak yang menuduh Tim Honda memaksa keduanya tampil di MotoGP Andalusia 2020. Terlebih pada balapan perdana MotoGP musim ini, Tim Honda memang gagal total dengan tidak ada pembalap mereka yang mampu meraih podium.

Akan tetapi kabar tersebut langsung dibantah oleh manajer Tim Honda, Alberto Puig. Ya, Puig dengan tegas menyatakan bahwa Tim Honda sama sekali tidak pernah memaksa pembalapnya untuk tampil dalam balapan jika kondisi fisik yang tidak memungkinkan.

“Ya, mereka (Marquez dan Crutchlow) adalah pembalap kami yang paling berpengalaman pada saat ini. Namun saya perjelas lagi bahwa Tim Honda sama sekali tidak pernah memaksa pembalap kami untuk tampil di sebuah balapan, terutama dalam kondisi yang tidak fit,” jelas Puig, seperti disadur dari Speedweek, Jumat (24/7/2020).

“Kami sangat menghormati kondisi fisik dan juga pendapat mereka. Maka dari itu, kami mengizinkan Marc untuk mencoba tampil di akhir pekan ini. Tentu saja hasil Cal dan Marc sangat penting bagi kami, namun jika mereka dalam kondisi fisik yang 100% bugar,” sambungnya.

“Akan tetapi apabila mereka tidak dalam kondisi fisik yang terbaik, maka kami akan melindungi mereka dengan mengizinkan untuk tidak mengikuti perlombaan. Kami akan dengan senang hati menanti kondisi mereka membaik dan benar-benar siap tampil dalam balapan,” tutup pria asal Spanyol itu.

BERITA REKOMENDASI