Honda Ungkap Fakta Motor Marquez Bukan yang Terbaik

Editor: KRjogja/Gus

MOTEGI, KRJOGJA.com – Bos Tim Honda Racing Corporation (HRC), Alberto Puig, mengakui kalau Marc Marquez tidak selalu mendapatkan motor yang sesuai sang juara dunia MotoGP 2018 tersebut. Namun, pembalap berjuluk The Baby Alien itu selalu bisa menyesuaikan diri sehingga layak menjadi juara dunia sebanyak lima kali di kelas MotoGP.

Sebagaimana diketahui, Marquez berhasil mengunci gelar juara dunia kelimanya dengan memenangi balapan di Sirkuit Motegi, Jepang. Usaha pembalap berusia 25 tahun itu untuk menjadi juara dunia lantas mendapat acungan jempol dari Alberto Puig.

Ia mengatakan, Marquez dengan sigap dapat mengatasi kekurangan yang dimiliki motor RC213V. Bahkan, Puig secara jantan mengakui kalau motor RC213V beberapa kali tidak sebanding dengan bakat besar yang dimiliki oleh Marc Marquez.

“Saya sudah tahu dia adalah seorang juara, seorang pembalap yang sangat cepat, seorang yang mampu beradaptasi dengan berbagai situasi, dan beradaptasi dengan baik terhadap segala jenis motor. Dari sisi personal, dia selalu memperhatikan dan mendengarkan saran. Ini sungguh jarang,” ucap Alberto Puig, dilansir dari Autosport, Selasa (23/10/2018).

“Dia selalu berevolusi. Dia bisa beradaptasi dengan baik terhadap segala jenis situasi, terutama motor. Faktanya pembalap yang memenangi balapan tidak selalu karena motornya bagus. Dia tidak pernah mengeluh. Sejujurnya kami melewati banyak waktu sulit di mana motor Honda tidak berkapasitas juara sepertinya. Namun, dia bisa mengatasinya tanpa mengeluh,” imbuh pria asal Spanyol itu.
Contoh terbaik dari adaptasi Marquez yang luar biasa adalah pada MotoGP 2017. Motor Honda RC213V bisa dikatakan kalah dari Ducati. Namun, pembalap asal Cervera itu tetap bisa keluar sebagai juara dunia di akhir musim walau harus menghadapi persaingan ketat dengan Andrea Dovizioso. (*)

 

BERITA REKOMENDASI