IMI DKI Gelar Pelatihan Calon Pelatih Keselamatan Berkendara

JAKARTA, KRJOGJA.com – Setelah dilantik beberapa waktu lalu, Pengprov IMI DKI dibawah Ketua Umum Anondo Eko mulai berkiprah. Sesuai dengan Munas IMI Pusat, IMI DKI sekarang tidak hanya fokus pada penyelenggaraan olahraga bermotor, tetapi juga akan fokus dengan kegiatan utama lain yaitu peningkatan keamanan berkendara, penanggulangan bencana, serta aksi sosial.

Sebanyak 50 calon trainer, terdiri dari 30 bidang resque dan 20 bidang safety  dan berasal dari klub-klub di Jakarta selama tiga hari mengikuti pelatihan yang berlangsung di Sirkuit Sentul Jabar, pada Kamis hingga Sabtu (27-29/12/2018). Mereka nantinya akan dijadikan trainer bersertifikat yang bisa mengembangkan lebih jauh lagi kualitas bidang safety dan resque.

Ketua Umum Pengprov IMI DKI, Anondo Eko mengatakan, kali ini peserta pelatihan hanya terdiri dari 50 orang karena masing-masing nanti diharapkan bisa menjadi trainer handal yang mampu menularkan kemampuannya ke pihak lain. "Sudah tentu ke depan kami akan perluas lagi. Tetapi sementara lima puluh orang dulu, karena mereka nanti kita harapkan bisa menjadi trainer pihak lain, termasuk Pengprov IMI," ujar Anondo.

Menurut Anondo, di bidang olahraga otomotif, IMI DKI sudah menjadi barometer bagi Pengprov IMI yang lain. Karena itu pihaknya juga ingin menjadi barometer dalam hal kegiatan safety dan resque.

"Dalam bidang olahraga otomotif, IMI DKI sudah bagus. Tetapi tetap saja perlu pengetahuan soal keselamatan lintasan balap dan juga bagi pengendara umum bagaimana berlalu-lintas yang aman. Sedangkan untuk rescue, tidak hanya kemampuan memberi bantuan secara material, tetapi para calon trainer juga perlu dibekali bagaimana memberikan pendampingan kepada para korban lepas dari trauma paska bencana," ujarnya.

Dirut Sirkuit Sentul, Tinton Suprapto mengatakan, pihaknya berharap kegiatan training ini nantinya bermanfaat bagi warga DKI dan warga lain di daerah. "Sertifikat yang nantinya dikeluarkan hendaknya dipertanggungjawabkan oleh para trainer. Saya bangga Sentul jadi tempat banyak pihak berkegiatan yang muaranya untuk kepentingan masyarakat banyak," ujar Tinton. (Fon)

BERITA REKOMENDASI