Incar Juara MotoGP 2020, Marquez Butuh Bantuan Rossi dan Pembalap Lain

Editor: KRjogja/Gus

AALST, KRJOGJA.com – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, tampaknya harus benar-benar berjuang keras untuk bisa mencapai tujuannya meraih gelar juara MotoGP pada musim ini. Sebab, nasib malang yang menimpanya di seri perdana MotoGP 2020 telah membuat Marquez absen di sejumlah seri dan belum mendulang satu pun poin.

Teranyar, Marquez bahkan dipastikan absen dalam balapan seri ketiga musim ini yang berlangsung di Republik Ceko pada akhir pekan nanti. Kondisi tersebut tentu saja akan mengancam peluang pembalap berjuluk The Baby Alien itu untuk merebut gelar juara.

Melihat kondisi ini, mantan pembalap MotoGP, Chris Vermeulen, pun memberi komentar. Ia mengatakan bahwa peluang Marquez dalam merebut gelar juara kini bergantung kepada pembalap lainnya, termasuk Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Sebab, kedua nama itu diketahui mampu tampil apik musim ini sehingga bisa turut mengganggu langkah Fabio Quartararo yang masih menjadi pembalap tertangguh saat ini. Kini, Quartararo memang tengah memimpin klasemen sementara pembalap MotoGP 2020.

Posisi itu ditempati El Diablo –julukan Quartararo– usai memetik kemenangan di dua seri awal. Tempat kedua di klasemen pun kini tengah ditempati oleh Vinales dengan koleksi poin 40 angka. Rossi juga diketahui mampu tampil apik pada balapan seri kedua hingga berhasil naik podium ketiga.

Vermeulen pun menilai Marquez sangat membutuhkan bantuan dari beberapa pembalap yang tampil apik musim ini, seperti Rossi hingga Vinales, untuk merebut gelar juara. Jika mereka bisa mengganggu langkah Quartararo dalam merebut kemenangan atau podium dalam beberapa balapan, Vermeulen menilai kans Marquez untuk menjadi juara bakal tetap terbuka.

“Dia memang absen dari balapan akhir pekan ini. Dan dia juga masih melihat kemungkinan peluangnya membalap di Austria pekan depan. Semuanya belum berakhir dan tergantung pada yang terjadi dengan pembalap lainnya,” ujar Vermeulen, sebagaimana dikutip dari Fox Sport, Jumat (7/8/2020).

“Jika Fabio Quartararo selalu menang dan naik podium setiap pekannya, maka itu jauh lebih sulit lagi. Namun, jika ada tiga atau empat pembalap berjuang menjadi juara, hal itu membuat Marquez lebih mudah mengejar ketertinggalan,” lanjutnya.

Marquez sendiri dipastikan absen di MotoGP Republik Ceko 2020 karena mengalami masalah pada lengan kanannya. Pelat titanium yang ditanamkan ke lengan kanan Marquez pada operasi yang berlangsung akhir Juni 2020 diketahui mengalami kerusakan akibat akumulasi tekanan.

Alhasil, juara dunia delapan kali itu pun harus kembali naik meja operasi untuk mengganti pelat titanium tersebut. Repsol Honda sendiri telah menunjuk Stefan Bradl sebagai pengganti Marquez dalam balapan seri ketiga MotoGP 2020 itu.

BERITA REKOMENDASI