Inilah Tiga Pembalap Paling Sukses di Sirkuit Misano

PADA akhir pekan ini, MotoGP 2016 akan berlangsung di Sirkuit Misano, Italia. Sejak pertama kali digunakan balapan pada 1981, sudah ada 43 pembalap yang pernah meraih kemenangan di sirkuit sepanjang 4.064 kilometer tersebut.

Dari 43 pembalap yang pernah menapaki podium pertama di Sirkuit Misano, hanya tiga di antaranya yang meraih lebih dari dua kemenangan. Ketiga pembalap itulah yang sejauh ini memiliki status sebagai pembalap paling sukses di Misano.

Berikut daftar lengkap tiga pembalap paling sukses di Sirkuit Misano, sebagaimana dirangkum Okezone, Jumat (9/9/2016):

3. Valentino Rossi (3 Kali)

Valentino Rossi sejauh ini sudah tiga kali meraih kemenangan di Sirkuit Misano. Seluruh kemenangan diraih Rossi di kelas MotoGP. Kemenangan pertama diraih The Doctor -julukan Rossi- pada 2008. Saat itu ia sukses mengalahkan rekan setimnya Jorge Lorenzo di posisi kedua dan Toni Elias di tangga ketiga.

Kemenangan kedua diraih Rossi setahun setelahnya. Tak jauh berbeda dari 2008, di 2009 ia mengalahkan Lorenzo yang berada di posisi kedua, sementara posisi ketiga ditempati oleh rider Tim Repsol Honda, Dani Pedrosa. Hasil di 2009 pun terulang kembali di 2014, yang mana Lorenzo dan Pedrosa lagi-lagi kalah dari Rossi.

2. Marc Marquez (4 Kali)

Total ada empat kemenangan yang sejauh ini pernah diraih pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, di Sirkuit Misano. Berbeda dari Rossi, keempat kemenangan tersebut diraih Marquez di tiga kelas berbeda yakni 125 cc (sekarang Moto3), Moto2, dan MotoGP.

Kemenangan pertama diraih Marquez di kelas Moto3 pada 2010. Kemenangan kedua dan ketiga didapatkan pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut pada Moto2 musim 2011 dan 2012. Sementara kemenangan keempat diraihnya pada MotoGP musim lalu, mengalahkan Bradley Smith dan Scott Redding.

1. Jorge Lorenzo (4 Kali)

Pembalap Tim Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, juga sudah empat kali meraih kemenangan di Misano. Hanya, dia tidak seperti Marquez yang melakukannya di tiga kelas berbeda. Empat kemenangan di Misano didapatkan X-Fuera -julukan Lorenzo- saat membalap di kelas 250 cc (Moto2) dan MotoGP.

Di kelas 250 cc, kemenangan diraih Lorenzo pada 2007. Sementara tiga kemenangan sisanya diraih pembalap berpaspor Spanyol itu pada kelas MotoGP, tepatnya secara beruntun pada musim 2011 mengalahkan Dani Pedrosa dan Casey Stoner, 2012 menundukkan Valentino Rossi dan Alvaro Bautista, serta 2013 mengecundangi Marc Marquez dan Pedrosa. (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI