Irfan Ardiansyah Runner Up, Hujan Hambat Andy Gilang

SUZUKA, KRJOGJA.com –  Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) mendominasi podium ajang balap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas AP250 seri keempat di Suzuka International Circuit, Jepang (29-30/6). 

Pencapaian podium tersebut disumbangkan oleh Irfan Ardiansyah pada balapan pertama dengan raihan podium kedua, dilanjutkan prestasi pada balap kedua dimana Awhin Sanjaya meraih podium pertama dan Irfan kembali meraih podium kedua. Sedangkan di balap pertama kelas Supersports 600 (SS600), Rheza Danica Ahrens menunjukkan performa yang semakin baik. 

BACA JUGA :

Awhin Sanjaya Kibarkan Merah Putih di ARRC Suzuka

Dibanderol Mulai Rp17 Jutaan, Ini Kelebihan Honda Genio

Memulai jalannya balapan dari posisi ke -15, Rheza berusaha untuk berada di urutan 10 besar. Perlahan perjuangannya berbuah hasil, sehingga Rheza berhasil finis di posisi delapan. Sementara itu Andi Gilang yang memulai jalannya balapan di posisi ke-12 dan sempat berada di posisi enam, harus berusaha keras memperbaiki posisinya saat hampir terjatuh di lap ke empat. Gilang pun harus finis di posisi 15.

Pada balap kedua kelas SS600, jalannya balapan berlangsung sengit. Hujan yang semakin deras membuat marshall mengeluarkan red flag ketika beberapa pebalap terjatuh, termasuk Rheza dan Gilang saat balapan baru berjalan satu lap. Setelah balapan terhenti sekitar 30 menit, panitia balap memutuskan untuk kembali meneruskan balap dengan memangkas  lap yang seharusnya digelar 10 lap menjadi 5 lap.

Rheza dan Gilang kembali pada posisi start masing-masing. Jalannya balapan yang akan berlangsung lebih cepat dari biasanya membuat para pebalap berusaha maksimal dalam meraih posisi. Andi Gilang yang memulai jalannya balapan dari posisi ke-12 terus berusaha masuk pada barisan terdepan, Andi pun berhasil finis di urutan kelima. Sementara itu Rheza yang memulai jalannya balapan di posisi ke-15, bersaing keras untuk masuk posisi 10 besar, namun Rheza harus puas untuk meyentuh garis finis di posisi ke-12.

“Kondisi hujan yang semakin deras saat memulai balapan membuat banyak genangan di area tikungan. Hal ini membuat banyak pebalap terjatuh, termasuk saya sendiri. Balapan pun dihentikan, beruntung saya bisa kembali ke pit untuk memperbaiki motor saya dan kembali mengikuti balapan. Terima kasih kepada tim mekanik atas kerja kerasnya dan saya pun harus puas finis di posisi kelima ketika balapan diulang kembali," ujar Gilang.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya yang menyaksikan langsung jalannya balapan mengatakan prestasi yang diraih oleh pebalap AHRT pada seri Suzuka ini merupakan sebuah peningkatan dari seri sebelumnya. Namun pelajaran berharga pada seri ini tentu menjadi motivasi untuk lebih baik lagi dalam meraih prestasi di seri-seri berikutnya.

“Seri Suzuka ini merupakan putaran ke-50 yang diikuti tim AHRT dalam ajang ARRC sejak tahun 2014 dengan prestasi yang terus meningkat dan telah mengantarkan 14 pebalap Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari sinergi yang terbentuk di dalam tim yang semakin solid dan pembelajaran yang kami dapatkan di setiap seri. Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan masyarakat. Hal ini menjadi pemicu kami untuk terus mengukir prestasi di berbagai ajang balap Internasional,” ujar Thomas. (*)

BERITA REKOMENDASI