Jerez Tawarkan Balapan yang Seru

JEREZ, KRJOGJA.com – Dengan akan berakhirnya musim balap 2017, Circuito de Jerez akan menawarkan balapan Formula 2 yang sengit dan seru antar pebalap. Sirkuit sepanjang 4,4 kilometer ini juga memiliki karakter yang menantang dengan ujian 13 tikungan dan variasi trek lurus yang relatif landai.

Pada balapan Feature yang berlangsung pada hari Sabtu (7/10/2017), para pebalap ditantang untuk menyelesaikan 39 putaran atau total jarak sekitar 172,692 kilometer. Setiap pebalap diwajibkan masuk pit stop sekali untuk pergantian ban.

Sementara pada balapan Sprint yang digelar hari Minggu (8/10/2017), para pebalap hanya bersaing sebanyak 28 putaran atau sekitar 123,984 kilometer. Pada balapan ini, pebalap tidak diwajibkan masuk pit stop. Strategi menjaga kondisi ban sangat krusial pada balapan ini.

Pebalap muda Indonesia, yang membawa bendera tim Pertamina Arden, Sean Gelael mengaku cukup mengenal karakter sirkuit Jerez. Sean bahkan juga sempat mendapat poin saat tampil di ajang Formula Renault tahun 2015. “Ya saya sudah beberapa kali tampil di sini dan cukup mengenal lintasannya. Sirkuit ini banyak tantangan sehingga sering dipakai juga untuk sesi uji coba,” kata Sean.

Sean berharap mendapatkan balapan yang ideal dan tidak mengalami masalah teknik pada kendaraannya. Target obyektif Sean pada balapan di Jerez adalah mencetak poin, seperti yang dilakukan pada balapan di Monza, Italia.

Untuk balapan di Jerez, para pebalap akan mendapatkan dua opsi jenis ban yakni medium dan soft. Dengan aspal baru, karakter lintasan sirkuit Jerez sedikit berubah. “Di beberapa bagian akan bergelombang. Pebalap hanya mempunyai opsi ban medium dan soft,” kata bos Pirelli Mario Isola.

Yang menarik, sirkuit Jerez musim lalu tidak masuk dalam kalender balap GP2, sehingga semua tim tidak memiliki banyak data tentang kondisi trek. Strategi pemilihan dan manajemen degradasi ban akan ikut menentukan hasil balapan.(*)

 

BERITA REKOMENDASI