Jika Harus Pindah Tim Lain Bukan Masalah bagi Marquez

Editor: KRjogja/Gus

AALST, KRJOGJA.com – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, telah membuktikan tajinya dengan dominasi dia selama enam musim (2013-2018) tampil di MotoGP. Marquez tercatat sudah menjadi juara dunia dalam lima edisi dan hanya absen sebagai kampiun pada MotoGP 2015 yang mana saat itu Jorge Lorenzo yang jadi kampiunnya.

Dominasi Marquez sejak 2013 memang tak terbantahkan, tetapi timbul pertanyaan apakah The Baby Alien –julukan Marquez– bisa melakukan hal serupa jika tak bersama Honda lagi? Menurut legenda balap dunia, Mick Doohan, hal itu tidak akan menjadi masalah.

Marquez dipandang siap untuk berlaga dengan tim pabrikan mana pun yang berlaga di MotoGP. Meskipun begitu, Doohan melihat pindah ke tim lain untuk membuktikan diri tidaklah terlalu penting untuk Marquez.

Tanpa melakukan hal itu, Marquez sudah bisa dikategorikan sebagai pembalap yang hebat. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika Marquez bisa membuat sejarah di MotoGP dengan menjadi pembalap dengan gelar juara terbanyak mengingat usia dia yang baru 25 tahun.

“Saya pikir kami telah melihat bahwa di masa lalu ketika pembalap mengganti pabrikan, mereka masih kuat atau tidak terlalu kuat. Di masa lalu ketika Anda melihat orang-orang mendapatkan hasil yang layak, mereka berganti merek karena berpikir membutuhkan motor lain dan hasilnya sama. Saya pikir jika Marc (Marquez) ingin beralih ke produsen yang berbeda, mana pun yang Anda inginkan, ia masih bisa menang,” ujar Doohan menyadur dari Motorsportweek, Jumat (28/12/2018). (*)

BERITA REKOMENDASI