Joan Mir Akui Gaya Balapnya Mirip dengan Valentino Rossi

ANDORRA, KRJOGJA.com – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, mengakui bahwa dirinya memang memiliki gaya balap yang serupa dengan rider gaek Monster Energy Yamaha, yakni Valentino Rossi. Pasalnya, Mir menjelaskan bahwa Rossi merupakan idola dan sumber inspirasinya sebagai pembalap profesional.

Sebagaimana diketahui, Mir memang berhasil menjalani kampanyenya di MotoGP 2020 dengan performa luar biasa. Meski di awal kejuaraan dunia tahun ini, tidak ada satu pun pihak yang memprediksi bahwa Mir mampu menjuarai MotoGP 2020.

Hal tersebut memang tidak berlebihan, mengingat Mir sempat tampil kurang kompetitif pada tiga balapan perdana MotoGP 2020. Mir baru bisa menunjukkan tajinya sebagai calon juara dunia MotoGP 2020 ketika mengaspal di seri Austria.
Ya, dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring tersebut, Mir berhasil mengklaim podium kedua. Sejak saat itu, Mir pun mampu konsisten untuk bersaing memperebutkan podium demi podium di sejumlah balapan.

Mir sendiri akhirnya mengunci gelar juara dunia musim ini ketika mengaspal di MotoGP Valencia 2020. Pada balapan tersebut Mir memang hanya mampu finis di posisi ketujuh, namun raihannya poin sudah tidak mungkin terkejar oleh pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli.

Keberhasilan Mir menjuarai MotoGP 2020 pun membuatnya mendapatkan pujian dari beberapa pihak. Bahkan belakangan banyak pihak yang mulai menyandingkan kemampuan membalap Mir dengan Marquez.

Ya, beberapa pihak menilai bahwa Mir dan Marquez memiliki gaya membalap yang sangat mirip. Akan tetapi, Mir nampaknya tidak terlalu suka disebut memiliki gaya membalap yang mirip dengan The Baby Alien –julukan Marquez.

Pasalnya meski sama-sama berasal dari Spanyol, Mir tidak merasa bahwa gaya membalapnya sama seperti Marquez. Mir justru berpendapat bahwa gaya balapnya lebih mirip dengan Rossi. Terlebih Mir tak menampik bahwa selalu menjadikan Rossi sebagai panutannya.

Orang yang saya observasi paling sering untuk melihat perilakunya apa yang dilakukan atau tidak adalah dia. Dan dia adalah karakter yang saya sadari betul,” ungkap Mir, sebagaimana dilaporkan oleh Marca, Kamis (19/11/2020).

“Bukan karena saya ingin terlihat seperti Valentino, tetapi karena dai mungkin yang paling mirip dengan saya. Benar saya tidak punya karakter seperti Marquez. Pembalap lain yang saya suka lihat dan perhatikan secara seksama adalah (Andrea) Dovizioso,” tuntas pembalap berusia 23 tahun itu.

BERITA REKOMENDASI