Joan Mir Kembali Dijagokan Jadi Juara MotoGP 2020

TEXAS, KRJOGJA.com – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, kembali mendapat dukungan besar dalam memperebutkan gelar juara MotoGP 2020. Kali ini, ia dijagokan keluar sebagai kampiun MotoGP 2020 oleh legenda balap, Kevin Schwantz.

Schwantz meyakini bahwa Mir bisa keluar sebagai juara musim ini. Ia bisa menghapus puasa gelar juara yang sudah lama dilakukan Suzuki di kelas balap paling tertinggi tersebut.
Schwantz sendiri menjadi salah satu pembalap yang berhasil membawa Suzuki berjaya kala masih mentas di kelas balap paling bergengsi. Tepatnya pada 1993, pembalap asal Amerika Serikat itu keluar sebagai juara di kelas 500 cc.

Setelah itu, Suzuki dapat kembali berjaya pada 2000 lewat aksi Kenny Roberts Jr. Ia menjadi pembalap terakhir Suzuki yang memenangkan gelar juara dunia di kelas premier.

Kini, peluang besar pun kembali terbuka bagi Suzuki. Sebab, Mir tengah bertengger di puncak klasemen sementara MotoGP 2020. Posisi ini ditempatinya usai berhasil naik podium ketiga di MotoGP Aragon 2020 yang digelar pada akhir pekan lalu.

Raihan 16 poin tambahan dalam balapan itu telah membawa Mir menggeser posisi Fabio Quartararo di puncak klasemen. Kini, pembalap asal Spanyol itu memimpin klasemen dengan koleksi poin total 121 angka.

Mir unggul enam poin dari Quartararo yang mengekor di tempat kedua. Meski jarak poin Mir begitu tipis dengan Quartararo dan balapan masih menyisakan seri yang cukup banyak, Schwantz tetap optimis gelar juara bisa diraih.

Schwantz sendiri terkesan menyaksikan penampilan Mir di musim ini. Ia menilai rekan setim Alex Rins itu berhasil menunjukkan kedewasaannya sebagai pembalap lewat penampilan manis di berbagai seri.

“Saya kira begitu sungguh, bahwa dia (Joan Mir), semuda dia, telah menunjukkan begitu banyak kedewasaan tahun ini. Saya benar-benar merasa bahwa dia akan melakukannya (menjuarai MotoGP 2020),” ujar Schwantz, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Kamis (22/10/2020).

Mir memang terbilang berhasil menunjukkan peningkatan pesat di tahun keduanya mentas di MotoGP. Musim lalu, ia finis di urutan ke-12 setelah terus menuai hasil minor. Sementara musim ini, Mir tercatat sudah lima kali naik podium.

BERITA REKOMENDASI