Joan Mir Tak Sangka Motor Suzuki Sangat Cepat Musim Ini

VALENCIA, KRJOGJA.com – Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, tidak menyangka motor GSX-RR sangat cepat pada musim 2020. Menurut Mir, peningkatan GSX-RR adalah bukti dari kerja keras tim Suzuki dalam mengembangkan motor pada pramusim.

Kecepatan GSX-RR memudahkan Mir untuk meraih hasil maksimal dalam setiap balapan. Pembalap berumur 23 tahun itu mendapatkan tujuh podium yang salah satu di antaranya berujung kemenangan.

Kemenangan itu sangat spesial untuk Mir karena merupakan pencapaian pertamanya di balapan kelas primer. Mir mencatatkan kemenangan bersejarah itu di MotoGP Eropa 2020. Mir tampil luar biasa dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu 8 November 2020, malam WIB.

Kemenangan membuat Mir kini memimpin klasemen sementara dengan koleksi 162 poin. Mir unggul 37 poin dari dua rival utamanya dalam kejuaraan, Alex Rins (Suzuki) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

Posisi pertama Mir sekarang merupakan buah dari kecepatan GSX-RR. Tanpa kecepatan GSX-RR, Mir mungkin tidak menempati posisinya sekarang. Mir kini berpeluang besar untuk menjuarai MotoGP 2020.

“Saya tidak berharap untuk melaju secepat itu. Akan tetapi, Suzuki telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dari selama bertahun-tahun,” kata Mir, menyadur dari Tutto Motori Web, Jumat (13/11/2020).

“Anda tidak dapat membangun motor, yang kompetitif dalam setahun. Itu membutuhkan banyak pekerjaan,” ucap pembalap asal Spanyol itu.

“Dalam tes pramusim, kami telah melihat bahwa itu adalah motor yang bagus. Akan tetapi, selama musim kami dapat memastikan segalanya,” tuturnya.

Mir bisa jadi juara jika memenangkan balapan akhir pekan ini, MotoGP Valencia 2020. Balapan seri ke-13 itu akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu 15 November 2020, malam WIB.

Selain memenangkan balapan, Mir bisa menjuarai MotoGP 2020 dengan dua skenario lain. Pertama, jika Rins atau Quartararo menang pada akhir pekan ini, Mir minimal harus finis ketiga untuk menyegel gelar juara. Skenario kedua, seandainya Quartararo atau Rins menempati posisi kelima, Mir akan tetap menjuarai MotoGP 2020 meski gagal finis.

BERITA REKOMENDASI