Kalah dari Yamaha di Latihan Bebas, Marquez Maklum

MISANO, KRJOGJA.com – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, belum sekalipun menjadi yang tercepat dalam dua sesi latihan bebas yang telah dilakoni di MotoGP San Marino 2019. Kendati demikian, Marquez enggan ambil pusing mengenai hal itu dan tetap bersikap santai.

Pada sesi latihan bebas satu (FP1), Marquez menempati posisi kedua. Di sesi tersebut ia hanya kalah saing oleh pembalap satelit Yamaha, Fabio Quartararo. Sedangkan pada sesi latihan bebas dua (FP2), sang juara bertahan harus turun satu peringkat ke posisi tiga. Kali ini, tempat pertama dihuni oleh pembalap Monster Energi Yamaha, Maverick Vinales.

Menanggapi hal itu, Marquez menjelaskan bahwa pada FP2 ia sebenarnya mencoba melakukan pengujian pada ban. Apabila di FP1 Marquez menggunakan campuran ban bertipe medium, maka pada FP2 ia menjajal ban bertipe hard untuk bagian depan dan soft untuk belakang.

Maka dari itu, ketika Marquez pada akhirnya tak mampu melewati kecepatan para pembalap Yamaha, ia memakluminya. Menurut Marquez, pengujian ban sangat penting untuk dilakukan agar bisa mencapai hasil maksimal ketika balapan.

“Itu wajar karena saya mengendarai hampir seluruh FP2 di sore hari dengan satu set ban. Di pagi hari saya mulai bolak-balik dengan campuran medium. Di FP2, saya mulai dengan ban depan yang keras dan ban belakang yang lunak, hanya di saat terakhir saya menggunakan ban medium untuk bagian depan seperti FP1,” jelas Marquez, melansir dari Speedweek, Sabtu (14/9/2019).

“Itu adalah tujuan kami kemarin untuk memahami pilihan ban untuk balapan. Terkadang Anda harus melupakan lawan dan waktu putaran pada hari Jumat. Anda harus mematikan layar TV dan hanya fokus pada pekerjaan Anda," lanjutnya

 

BERITA REKOMENDASI