Kingdom Fest VSC Road Race Harus Mundur

YOGYA, KRJOGJA.com – Penyelenggaraan kejuaraan balapmotor yang cukup bergengsi Kingdom Fest VSC Road Race 2020 terpaksa mundur pelaksanaan yang semula dijadwalkan 7-8 November menjadi Desember 2020. Event tersebut bakal tersaji di sirkuit Mandala Krida, Yogya.

Terjadinya perubahan tanggal pelaksanaan, karena terlalu dekat dengan berakhirnya tanggap darurat pandemi covid-19 yang ditetapkan 31 Oktober mendatang. “Ini tentu saja tidak mungkin, kalau terlalu dipaksakan untuk menggelarnya dengan persiapan yang terlalu mepet hanya dalam waktu satu minggu, sudah dapat dipastikan hasilnya tidak maksimal,” ujar Drs H Najib M Saleh, selaku promotor kejuaraan yang ditemui KR di Sekretariat panitia di Jalan Prof Dr Supomo SH No 1064 A, Yogya, Minggu (18/10).

Diakuinya, untuk menggelar suatu event otomotif termasuk untuk kejuaraan road race ini, persiapannya paling tidak selama tiga minggu. Banyak yang harus dilakukan dalam menyelenggarakan suatu event, terutama soal persiapan tempat pelaksanaan, publikasi, izin dari aparat kepolisian dan instansi terkait lainnya.

Lebih lanjut dikatakan, penyelenggaraan kejuaraan road race ini, terselenggara berkat kerja sama VSC dan klub otomotif Kingdom. Terjadinya perubahan jadwal pelaksanaan akibat pandemi tentu saja mempengaruhi persiapan event yang lain yang juga diprakarsai VSC. “Selain kejuaraan road race, VSC juga menghelat kejuaraan drag race (mobil) yang digeber di sirkuit Lanud Gading, Wonosari, Gunungkidul,” terangnya.

Menurut Najib, pihaknya merasa sangat prihatin dengan adanya pandemi covid-19. Dari beberapa seri kejuaraan drag race yang sedianya digelar, terpaksa mengalami penundaan bahkan dibatalkan.

“Dari empat seri kejuaraan drag race yang sedianya digeber tahun 2020 ini, yang terlaksana baru seri I yang diadakan Maret 2020 lalu. Sedangkan seri II (Juni), seri III (Agustus) dan seri IV (September) belum bisa terlaksana karena terjadinya penundaan akibat tanggap darurat pandemi covid-19. Saya berharap dari tiga seri yang tertunda ini, satu di antaranya bisa digelar Desember 2020 mendatang,” tegas Najib M Saleh.

Dijelaskan, soal pembatalan pelaksanaan kejuaraan drag race seri II, III dan IV karena sulitnya izin dari pihak terkait. “Saya berharap event drag race yang sempat ditunda bisa dilanjutkan, setelah pelaksanaan Pilkada pemilihan Bupati Gunungkidul 9 Desember mendatang,” pungkasnya. (Rar)

BERITA REKOMENDASI