Latihan, Atlet Balap Sepeda APG Manfaatkan Jalan Tol

SOLO, KRJOGJA.com – Sembilan atlet balap sepeda yang mengikuti pemusatan latihan Asian Para Games Jakarta 2018, setiap hari memanfaatkan jalur tol Solo-Ngawi sebagai ajang latihan. Mereka adalah atlet kelas C (Cycles) dan kelas H (Handcycles).

"Jika tidak hujan mereka pagi biasanya menjalani latihan di  ruas tol Ngemplak Ngawi," jelas Fadillah Umar, pelatih balap sepeda National Paralympic Commitee (NPC), Rabu (24/1).

Di cabang balap sepeda ada 12 pembalap yang mengikuti TC. Terinci 9 orang turun di kelas C (Cycles) dan kelas H (Handcycles) serta 3 lainnya turun di kelas B (Blind) Tuna Netra. Tiga pembalap kelas B salah satunya dari DI Yogyakarta yakni Fendi (B2).

Dua lainnya Gilang (Jateng) di kategori B1 danHawala (Sumut) B3. Pemusatan latihan bagi kelas B, kata Umar, masih menghadapi alat. Karena belum adanya sepeda tandem. "Dia atlet tuna netra jadi harus ada tandemnya."

Untuk sementara tiga atlet kelas B menjalani latihan ergo cycle di fitness centre Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (POK) Manahan. Mereka lebih dulu ditingkatkan kebugarannya agar kondisinya sama dengan yang lain.

Sementara atlet yang sudah rutin latihan di ruas jalan tol adalah Tryagus Arief (Kalsel), Saiful Anwar (Kalsel), Fadli Immamudin (Jabar), Sauri (Jabar), Martin Losu (Riau). Ahmad Zein (Jateng), Karyadewi (Bali), I Wayan Damai (Bali) dan Soemantri (Jabar).

Untuk kelas Cycles dan kelas Handcycles juga belum mendapatkan peralatan, tapi masing masing sudah membawa sepeda sendiri. Jadi sementara mereka sudah bisa berlatih di jalan raya, tambah Umar. (Qom)

BERITA REKOMENDASI