Libur Balapan Hingga April 2020, Tim MotoGP Tes Tertutup

PEMBATALAN MotoGP Qatar 2020 berimbas pada aktivitas semua tim yang berlaga di ajang balap motor tersebut. Mengingat seri kedua di Thailand juga diundur, maka semua tim akhirnya memutuskan menggelar tes tertutup secara terpisah.

Seperti diketahui, balapan untuk kelas MotoGP di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, dibatalkan. Sebab, Pemerintah Qatar menerapkan kebijakan ketat soal izin masuk pendatang dari Italia dan Jepang. Selain menjalani pemeriksaan, mereka akan langsung dikirim ke karantina selama 14 hari, tak terkecuali kru-kru MotoGP.

Kebijakan tersebut lantas memaksa Dorna Sports, FIM, dan IRTA, untuk membatalkan lomba. Akhirnya, seri di Qatar pada Minggu 8 Maret 2020 hanya menggelar lomba kelas Moto2 dan Moto3. Sebab, tim-tim dari dua kategori itu pekan lalu baru saja menjalani tes pramusim.

Dikutip dari Paddock GP, Senin (9/3/2020), empat tim dikabarkan sudah menyewa Sirkuit Jerez untuk melakukan tes tertutup pada 18 dan 20 Maret mendatang. Ketiga tim tersebut adalah KTM, Honda, Suzuki, dan Aprilia. KTM dan Aprilia yang mendapat konsesi akan menugaskan pembalap utama, sementara Honda serta Suzuki menurunkan pembalap penguji.

Dua tim lainnya, yakni Yamaha dan Ducati juga akan mengikuti tes di tempat terpisah. Yamaha menggelar tes tertutup di Motegi, Jepang. Sementara itu, Ducati akan menggelar tes tertutup di salah satu sirkuit di Italia. Sama seperti Honda dan Suzuki, kedua tim juga menurunkan pembalap tes.

Tes tertutup itu dilakukan demi mencari setelan motor terbaik sebelum dilakukan homologasi oleh FIM dan Dorna jelang balapan perdana. Mengingat ada waktu tambahan hingga seri perdana di Amerika Serikat (AS) pada 5 April 2020, maka setiap tim memilih memanfaatkan tes tertutup demi memperbaiki kekurangan. (*)

BERITA REKOMENDASI