Marquez Absen di Ceko, Kesempatan Quartararo Menang Lagi?

BRNO, KRJOGJA.com – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, telah dipastikan absen dalam MotoGP Republik Ceko yang akan berlangsung di Sirkuit Brno pada Minggu 9 Agustus 2020 malam WIB. Bagi Marquez, ini adalah hal yang merugikan.

Pasalnya, Marquez sendiri masih mengincar gelar juara sekaligus berusaha mempertahankan titelnya pada musim ini. Namun, apa daya cedera yang ia alami pada balapan seri perdana ternyata menjadi bencana besar bagi The Baby Alien –julukan Marquez.

Menurut laporan El Periodico, Kamis (6/8/2020), Marquez pun tak hanya akan absen dalam satu seri saja, tetapi juga dua balapan berikutnya. Selain Republik Ceko, The Baby Alien –julukan Marquez– memungkinkan akan melewatkan dua balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Marquez diprediksi baru bisa menjalani balapan di MotoGP San Marino, tepatnya di Sirkuit Misano pada 13 September 2020. Hal ini pun memastikan Marquez akan kehilangan poin di lima seri balapan MotoGP 2020 yakni di Spanyol, Andalusia, Republik Ceko, Austria, dan Styria.

Akan tetapi, fokus ke balapan terdekat, absennya Marquez akan menguntungkan para pembalap yang lain. Situasi ini terjadi di MotoGP Andalusia 2020, di mana persaingan menjadi cukup menarik ketika para pembalap saling berebut menjadi yang terbaik.

Namun, ada satu pembalap yang masih menunjukkan dominasinya setelah Marquez absen. Ia adalah Fabio Quartararo yang tampil moncer dalam dua seri perdana. Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT itu berhasil meraih kemenangan dan benar-benar tidak terkalahkan di Sirkuit Jerez.

Pada balapan seri perdana, Quartararo mungkin masih ikut bersaing dengan para pembalap lain untuk menjadi yang terdepan. Tetapi pada seri kedua, pembalap berpaspor Prancis itu sudah tidak terbenung dari awal hingga akhir balapan.

Tampaknya absennya Marquez benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Quartararo. Seperti seolah memanfaatkan kesempatan yang ada, Quartararo mampu menyelesaikan MotoGP Spanyol dan Andalusia dengan sempurna.

Jika menilik ke MotoGP Republik Ceko, ini adalah tempat bagi Marquez untuk mendulang prestasi. Sejak mentas pada 2013, Marquez tercatat mampu meraih tiga kemenangan dan tiga kali podium di Sirkuit Brno untuk kelas premier.

Lalu, apakah ada peluang untuk Quartararo dengan absennya Marquez? Jika berkaca pada musim lalu, performa Quartararo di Brno tidaklah spesial. Tercatat hanya mampu finis di tempat ketujuh dan hasil kualifikasinya juga tidak cukup bagus.

BERITA REKOMENDASI