Marquez Bikin Zarco Berpeluang Gabung KTM di MotoGP 2019

BORMES LES MIMOSAS (KRjogja.com) – Gelaran kejuaraan MotoGP 2018 memang belum dimulai. Kendati demikian, Tim Tech3 telah memutuskan masa depannya, yakni berpisah dengan Yamaha untuk musim 2019. Hal tersebut tentunya berimbas juga kepada masa depan pembalap mereka, Johann Zarco.

Sebelum ini, Bos Tech3, Herve Poncharal, mengungkapkan kekecawaan yang dialaminya selama bekerja sama dengan Yamaha. Sekadar informasi, Yamaha dan Tech 3 telah menjalin kerja sama selama 20 tahun. Kendati begitu, Poncharal merasa kalau timnya kerap dianaktirikan oleh Yamaha ketimbang Tim Movistar.

Misalnya saja dalam penggunaan perangkat balapan. Tim Movistar, selaku tim pabrikan selalu mendapatkan semua yang serba baru. Sedangkan Tim Tech3, selaku tim satelit, justru melah mendapatkan motor bekas setiap musimnya. Hal tersebut nyatanya membuat Poncharal geram dan memutuskan untuk mengakhiri kerja sama mereka.

Tak ayal 2018 pun akan menjadi musim terakhir Tim Tech3 bekerja sama dengan Yamaha. Untuk musim 2019, Tech3 dikabarkan akan menjadi bagian dari KTM dan akan menjadi tim satelit mereka. Namun, yang patut dicatat, keputusan tersebut juga akan mempengaruhi masa depan Zarco.

Pembalap berpaspor Prancis itu sebelum ini sempat mengungkapkan keinginannya untuk berkendara di Tim Pabrikan. Melihat penampilan Zarco selama musim balap 2017 dengan tiga kali menginjak podium, jelas cukup banyak tim yang berkeinginan untuk merekrutnya.

Kendati begitu, sebelumnya Zarco akan memprioritaskan Yamaha sebagai pilihan utamanya, karena dirinya bernanung di tim tersebut. Namun, karena kini Tech3 telah berpisah dengan Yamaha, maka tentunya kecil kemungkinan bagi pembalap 27 tahun itu bergabung dengan Movistar Yamaha musim depan. Terlebih lagi, Movistar Yamaha juga lebih condong mempertahankan dua pembalap mereka, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Menurut berita yang disampaikan Tutto Motori Web, Rabu (28/2/2018), Zarco justru kemungkinan besar akan bergabung dengan tim pabrikan KTM musim depan. Selain karena status Tech3 yang telah bekerjasama dengan mereka, KTM juga nyatanya gagal untuk bisa merekrut Marc Marquez. Pasalnya, pembalap berjuluk The Baby Alien itu baru saja memperbarui kontraknya bersama Repsol Honda. (*)

BERITA REKOMENDASI