Marquez Lengah, Alex Rins Juara MotoGP Inggris

SILVERSTONE, KRJOGJA.com – Alex Rins sukses menjuarai gelaran MotoGP Inggris yang dilangsungkan di Sirkuit Silverstone, Minggu (25/8/2019). Gelar juara pembalap tim Suzuki ini diraih secara dramatis setelah sukses mempecundangi andalan tim Honda, sekaligus pimpinan klasemen sementara, Marc Marquez tepat di tikungan terakhir lomba. 

Dalam balapan tersebut, Marquez yang sempat unggul saat melewati tikungan terakhir, kalah tipis 0,013 detik dari Rins saat memasuki garis finis, disusul pembalap tim Yamaha, Maverick Vinales di posisi ketiga. Kekalahan di tikungan terakhir ini bagi juara MotoGP musim lalu ini bukanlah hal yang pertama, pasalnya pembalap asal Spanyol tersebut tercatat sudah tiga kali mengalami hal serupa pada musim balapan tahun ini.  

Sebelum merasakan kekalahan pahit di tikungan terakhir Sirkuit Silverstone, Marquez mengalami hal yang sama saat di MotoGP Austria saat kalah dari pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Kekalahan tragis juga sempat dialami Marquez saat melakoni balapan di MotoGP Qatar. Kala itu, pembalap 26 tahun itu juga dikalahkan Andrea Dovizioso di tikungan terakhir dan selisih keduanya hanya terpaut 0,023 detik. 

Meski gagal meraih gelar juara di seri ini, Marquez tetap berhasil melebarkan jarak poin di puncak klasemen sementara MotoGP 2019 dari pesaing utamanya, Andrea Dovizioso yang harus terjatuh di lap pertama setelah menabrak sepeda motor Fabio Quartararo yang terjatuh terlebih dahulu. Dengan tambahan poin hasil podium kedua tersebut, Marquez saat ini mengoleksi nilai 250.

Dengan poin tersebut, Marquez semakin sulit untuk dijegal dari upayanya mempertahankan gelar juara dunia musim ini. Pasalnya, pesaing utamanya, Andrea Dovizioso baru mengemas 172 poin atau terpaut 78 poin dibawahnya. Sedangkan juara MotoGP Inggris, Alex Rins untuk sementara menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan 149 poin.

Dalam balapan kemarin, Marquez yang meraih pole position langsung menggeber motornya untuk memimpin sejak start dimulai. Memasuki tikungan pertama selepas start, insiden terjadi saat Fabio Quartararo terjatuh dan motornya yang meluncur tak terkendali, ditabrak Andrea Dovizioso yang membuat keduanya tak mampu melanjutkan balapan.

Selepas insiden tersebut, Marquez dan Rins tak terbendung dan selalu berada di posisi terdepan meninggalkan pembalap lainnya. Persaingan Marquez dan Rins semakin ketat saat memasuki lap-lap akhir. Puncaknya terjadi padsa lap terakhir dimana Alex Rins memampu menyalip Marquez selepas tikungan terakhir, tepat sebelum garis finis untuk memenangkan balapan.(Hit)

BERITA REKOMENDASI