Marquez Resmi Batalkan Tampil di MotoGP Andalusia 2020

JEREZ, KRJOGJA.com – Kisah heroik pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, di MotoGP Andalusia 2020 berakhir. Manajer Tim Honda, Alberto Puig, menyatakan The Baby Alien –julukan Marquez– tidak akan tampil pada balapan yang akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu 26 Juli 2020.

Keputusan itu diambil setelah Marquez tidak mampu menyelesaikan kualifikasi yang baru saja rampung digelar. Marquez hanya beberapa saat mengaspal di Sirkuit Jerez, sebelum akhirnya kembali ke garasi Honda. Puig menyatakan Honda tidak akan mengambil risiko lebih besar untuk Marquez.

“Kami tidak akan mengambil risiko lagi. Marc (Marquez) tidak akan balapan besok,” ucap Puig, menyadur dari twitter resmi MotoGP, Sabtu (25/7/2020).

The Baby Alien pun gagal meneruskan kisah heroiknya yang membuat kagum semua pencinta MotoGP. Cerita spektakuler Marquez berawal dari pengalaman pahitnya pada balapan pekan lalu yang juga berlangsung di Sirkuit Jerez, MotoGP Spanyol 2020.

Semua berjalan baik untuk Marquez pada awal balapan, tetapi petaka mulai menghampirinya saat kehilangan posisi pertama pada lap kelima. Marquez kehilangan posisi pertama karena melebar ke gravel. Insiden itu membuat posisi Marquez melorot ke peringkat 16.

Meski begitu, Marquez tidak berputus asa dan terus memacu motor Honda, RC213V. Pembalap berpaspor Spanyol itu secara luar biasa mampu menyodok ke depan jelang berakhirnya balapan. Marquez menempati posisi ketiga pada lap ke-22.

Marquez lalu berusaha menyalip Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), untuk naik ke posisi kedua. Akan tetapi, usaha The Baby Alien tidak berbuah manis. Pembalap berpaspor Spanyol itu justru terjatuh dengan keras karena aksinya tersebut.

Lengan kanan Marquez patah akibat insiden pada akhir pekan lalu. Selang dua hari setelah kecelakaan, Marquez menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Barcelona. Operasi berjalan sukses, sehingga Marquez tinggal memulihkan cederanya.

Namun, Marquez ingin melakukan pemeriksaan kesehatan agar tahu kesiapan tubuhnya tampil di MotoGP Andalusia 2020. Hasil pemeriksaan kesehatan Marquez positif, sehingga ia mendapatkan izin untuk balapan.

Izin itu membuat Marquez berkesempatan tampil di MotoGP Andalusia 2020. Akan tetapi, Marquez pada akhirnya mundur karena tubuhnya tidak mendukung untuk balapan.

BERITA REKOMENDASI