Marquez ‘Selow’ di MotoGP Belanda 2019

ASSEN, KRJOGJA.com – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, cukup puas dengan hasil yang didapatkannya pada MotoGP Belanda 2019. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu 30 Juni 2019 itu, Marquez hanya mampu menyegel posisi kedua.

Gagal meraih kemenangan tak membuat Marquez berkecil hati karena sejak awal bukan itu tujuannya. Marquez sadar bahwa meraih kemenangan di Sirkuit Assen tidaklah mudah karena para pembalap Yamaha sangat kuat.

Prediksi Marquez terbukti saat balapan berlangsung karena sepanjang balapan mendapatkan perlawanan dari dua pembalap Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Valentino Rossi pun kemungkinan bisa melakukan hal serupa jika tak terlibat kecelakaan dengan Takaaki Nakagami pada awal balapan.Menilik pada kecepatan yang dimiliki Vinales serta Quartararo maka Marquez pun tak mau gegabah untuk meraih posisi pertama. The Baby Alien –julukan Marquez– cukup berhati-hati dalam setiap tindakannya.

Apalagi, Marquez menggunakan ban soft di Sirkuit Assen sehingga kesalahan seketika bisa merugikannya. Kepandaian dan kesabaran Marquez mengantarkannya untuk menyegel posisi kedua di belakang Vinales. Sementara itu, posisi ketiga menjadi milik Quartararo.

“Saya memilih ban soft karena strategi saya tidak sama dengan kedua Yamaha. Tetapi saya tidak pernah berpikir untuk memimpin balapan karena ketika Anda memimpin maka akan menggunakan lebih banyak ban dan Anda menghancurkan ban soft lebih cepat,” ujar Marquez, seperti yang dikutip dari Motorsport, Rabu (3/7/2019).

"Jadi target saya adalah bersama pembalap Yamaha sampai putaran 15. Saya tahu bahwa saya siap untuk bersama mereka. Saya tahu di putaran terakhir saya (akan) menderita, tetapi kemudian Anda sadar bahwa telah melewati 15 putaran dengan kecepatan yang baik dan Anda bertahan 10 putaran lagi,” pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI