, Marquez Tidak Tahu Siapa Bakal Jadi Juara Dunia

MOTEGI (KRjogja.com) – Rider andalan Repsol Honda, Marc Marquez harus puas hanya finis sebagai runner-up di MotoGP Jepang yang dihelat di Sirkuit Motegi, Minggu 15 Oktober 2017 siang WIB. Balapan ini sendiri berstatus wet race.

Setelah bertarung ketat di pengujung balapan dengan jagoan Ducati Corse, Andrea Dovizioso, di mana keduanya terlibat salip-menyalip, Marquez akhirnya harus puas finis kedua di Motegi.

Dengan hasil ini, Marquez memang masih bertengger di puncak klasemen rider MotoGP 2017 dengan koleksi 244 poin. Namun, The Baby Alien kini hanya terpaut 11 poin dari Dovizioso yang ada peringkat kedua, sebagaimana musim ini tinggal menyisakan tiga seri lagi.

Marquez sendiri mengaku amat menikmati pertarungan sengit dengan Dovizioso, yakni pada enam lap terakhir di Motegi. Seperti diketahui, Marquez mampu memimpin balapan di awal-awal, namun tersalip oleh rekan setim Dovi, Jorge Lorenzo di Turn 9.

Marquez lantas harus membuntuti Danilo Petrucci (Pramac Ducati) yang memimpin selama 11 lap. Nah, pada lap 12, The Baby Alien berhasil memimpin, serta menjalani pertarungan dengan Dovi sejak lap 19.

“Kami telah mencoba, dan dalam kondisi basah saya merasa nyaman. Namun, kali ini airnya lebih banyak dan rasanya lebih sulit. Saya begitu ngotot tapi saya lihat Dovi juga mampu melaju sangat cepat. Lalu saya melakukan kesalahan di Turn 8 pada lap terakhir dan motor saya mulai goyah karena slipstream dari Dovi,” ujar Marquez sebagaimana dilansir RACER.

Terlibat aksi saling-menyalip bahkan sempat saling senggol, Marquez memang melakukan kesalahan pada lap terakhir dan nyaris terjatuh di Turn 8 hingga Dovi mampu menyalipnya di Turn 11. Marquez membalas di tikungan terakhir, namun melebar dan harus rela kemenangan direbut Dovi.

“Dovi menyalip saya di Turn 11 karena ia jauh lebih kuat di pengereman. Saya sangat jauh tertinggal tapi saya bertekad berusaha sampai tikungan terakhir, dan situasinya sama seperti Austria. Tapi finis kedua cukup baik, saya senang karena kami kompetitif,” papar Marquez.

“Well, saya tak tahu siapa yang akan jadi juara dunia musim ini, tapi rasanya mengagumkan bertarung seperti yang kami lakukan. Bagi saya, finis kedua oke-oke saja, karena kami tetap di puncak klasemen. Tapi saya mengambil banyak risiko dan kami tahu balapan ini bakal sulit, karena Ducati dan Dovi sangat cepat di sini setiap tahun,” tandas rider kebanggaan Spanyol tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI