Meski Diprotes Rossi, Marquez Takkan Ubah Gaya Balap

Editor: KRjogja/Gus

AALST (KRjogja.com) – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku takkan mengubah gaya balapnya selama mentas di ajang MotoGP. The Baby Alien –julukan Marquez – tak peduli dengan kritikan yang menerpa dirinya, termasuk dari sang senior, Valentino Rossi. Marquez menilai gaya balap yang ditampilkan sejauh ini masih sesuai jalur.

Marquez menjadi sosok antagonis di seri kedua MotoGP 2018 yang berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin 9 April 2018 dini hari WIB. Tercatat Marquez setidaknya melakukan tiga kesalahan dalam balapan seri kedua MotoGP 2018 tersebut.

Pertama saat motornya mati sesaat sebelum balapan dimulai, Marquez mendapat teguran dari pihak panitia MotoGP untuk pergi ke pit lane sesuai aturan yang ditentukan. Akan tetapi, Marquez tidak mengindahkan teguran tersebut dan tetap start dari grid.

Lalu pada lap kesembilan, pembalap asal Spanyol itu terlibat insiden saat ingin menyalip rider dari Tim Aprilia Gresini, Aleix Espargaro di tikungan ke-13. Sementara itu, yang paling menimbulkan kontroversi adalah saat pembalap Spanyol ini bersinggungan dengan Rossi pada lap ke-20 yang menyebabkan The Doctor –julukan Rossi– terjatuh dan harus kehilangan kesempatan untuk finis di posisi terdepan.

Meskipun demikian, Marquez mengisyaratkan tidak akan mengubah gaya balapanya di lintasan. Juara dunia empat kali kelas MotoGP itu mengatakan akan terus menjalani balapan seperti yang ia lakukan sebelumnya.

"Saya tidak akan mengubah cara balapan saya di trek. Saya akan selalu melakukannya (balapan) dengan intensitas maksimal dan saya akan terus seperti ini. Ini adalah cara saya,” ujar pembalap asal Spanyol itu dikutip dari Tuttomotoriweb, Rabu (11/4/2018).

"Sayangnya di trek Termas de Rio Hondo saya bersenggolan dengan Valentino (Rossi) dan ketika saya mencoba masuk ke dalam, dia jatuh. Saya mengerti kesalahan itu, saya meminta maaf dan saya akan menerima hukuman. Saya membuat kesalahan yang bisa terjadi pada semua orang, karena kami selalu memaksakan diri sampai akhir balapan, Tapi untuk saya yang terpenting adalah belajar kesalahan tersebut,”sambung Marquez.

Marquez finis di posisi kelima pada balapan tersebut. Namun, kakak dari Alex Marquez itu mendapat penalti 30 detik atas pelanggarannya terhadap Rossi dan harus puas menyelesaikan balapan di posisi ke-18, alias nirpoin. (*)

BERITA REKOMENDASI