Pedrosa Tak Mau Salahkan Lorenzo di MotoGP Spanyol 2018

JEREZ,KRJOGJA.com – Kecelakaan beruntun terjadi pada balapan seri keempat MotoGP 2018 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu 6 Mei 2018. Insiden tersebut melibatkan tiga pembalap yakni Dani Pedrosa (Repsol Honda) dan dua rider kepunyaan Ducati Corse, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Pedrosa menilai, pada insiden tersebut dirinya sudah berada di posisi yang benar untuk menyalip dua rider Ducati. Akan tetapi, usahanya justru gagal setelah mendapat senggolan dari Lorenzo. Meski demikian, Pedrosa enggan menyalahkan mantan rekan satu tim Valentino Rossi tersebut.

Pedrosa menilai, insiden yang melibatkan dirinya dan Lorenzo serta Dovizioso bukan sebuah kesengajaan. The Little Spaniard juga mengatakan kejadian itu adalah murni kecelakaan saat balapan.

"Tidak ada satu pun dari kami bertiga bisa disalahkan dan kami adalah tiga pembalap non-agresif, tetapi ada sesuatu yang jelas dan bahwa saya berada di jalur yang benar dan saya tidak melihat Jorge (Lorenzo), karena saya bersandar pada membungkuk dan dengan kepala saya di sisi lain,” ujar rekan satu tim Marc Marquez tersebut seperti diwartakan Tuttomotoriweb, Senin (7/5/2018).

“Saya tidak ingin mengklaim dan menyalahkan siapa pun, termasuk Jorge. Saya tidak ingin penalti untuk pengemudi lain dan saya tidak akan menyalahkan siapa pun. Saya sudah mencoba berbicara dengan beberapa anggota Race Direction, karena Mike Webb, Direktur Balapan, bahkan tidak mau menerima saya,” lanjutnya.

Kejadian tersebut terjadi di tikungan keenam pada lap ke-17. Saat itu ketiga pembalap tersebut sedang bersaing ketat untuk finis di urutan kedua di akhir balapan.

Lorenzo yang berada paling depan di antara ketiganya, tiba-tiba melebar saat masuk ke tikungan keenam. Kesalahan rider asal Spanyol itu coba dimanfaatkan oleh rekan satu timnya, Dovizioso yang langsung menyalip kedepan Lorenzo. Akan tetapi usaha Dovi melewati Lorenzo membuat dirinya terlambat melakukan pengereman.

Sementara itu, Pedrosa yang berada tepat di belakang dua rider Ducati itu melihat kesempatan untuk membalap kedua rider tersebut. Akan tetapi, usaha Pedrosa tersebut justru gagal akibat mendapatkan senggolan dari Lorenzo yang mencoba kembali menggeser posisi Dovizioso. Alhasil, ketiga pembalap tersebut terjatuh dan tidak dapat melanjutkan balapan. (*)

BERITA REKOMENDASI