Penyakit Kelelahan Kronis Menimpa Casey Stoner, Apa Itu?

QUEENSLAND, KRJOGJA.com – Legenda hidup MotoGP, Casey Stoner berbagi cerita soal penyakit kelelahan kronis yang kini ia derita. Stoner menjelaskan bahwa ia dalam beberapa waktu terakhir ini tengah berjuang melawan penyakit kelelahan kronis yang menghambat kegiatannya sehari-hari.

Sejak terkena penyakit itu Stoner tidak mampu melakukan berbagai kegiatan yang disukai seperti karting dan memanah. Pasalnya, kegiatan-kegiatan itu akan membuat Stoner terbaring selama seminggu untuk memulihkan diri. Kondisi itu tidak hanya membuat repot Stoner tetapi juga keluarganya.

Sang istri harus merawat Stoner andai ia hanya bisa berbaring untuk memulihkan diri karena penyakit tersebut. Meski begitu, penyakit kelelahan kronis juga pernah diderita Stoner sebelumnya. Pada MotoGP 2009 penyakit tersebut memaksanya tidak ikut ambil bagian dalam beberapa balapan.Kemudian Stoner memutusakan pensiun dari MotoGP pada musim 2012 dengan Repsol Honda sebagai tim terakhir yang dibelanya. Setelah pensiun, Stoner mengambil peran pembalap penguji Honda (2013-2015) dan Ducati (2016-2018). Sekarang Stoner telah jauh dari dunia balap motor dan memilih hidup nyaman bersama keluarganya di Australia.

“Saya belum pernah keluar (untuk melakukan kart) mungkin lebih dari setahun sekarang, karena kelelahan kronis. Saya tidak punya energi untuk keluar lagi. Saya tidak punya tenaga untuk pergi ke sana dan melakukan itu. Melakukannya akan membuat saya duduk di sofa selama seminggu lagi,” kata Stoner, melansir dari Speedcafe, Sabtu (14/12/2019).

"Saya belum melakukan hal-hal yang sangat aku nikmati hari ini. Agak frustasi. Saya belum menarik busur (memanah) kembali mungkin dalam 10 bulan terakhir atau lebih. Pada dasarnya, apa yang terjadi, dengan kelelahan kronis saya tidak dapat menjaga tubuh saya bugar dan sehat,” pungkasnya.

 

 

BERITA REKOMENDASI