Ratusan Crosser Padati Bukit Seribu Besek

PURWOREJO, KRJOGJA.com –  Ratusan penggemar olahraga ekstrim motocross memadati objek wisata Bukit Seribu Besek Dusun Kalipancer Desa Guntur Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Minggu (17/11). Mereka merayakan ulang tahun ke 13 komunitas Purworejo Adventure Trail Community (Patco), dengan cara menjelajah alam liar di sejumlah desa Kecamatan Bener.

Sedikitnya 420 motor dari Purworejo, Magelang, Yogyakarta dan Blora ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Untuk Purworejo, ratusan pehobi motorcross yang tergabung dalam 20 chapter

Patco, ikut ambil bagian dalam kegiatan.

"Kami kemas kegiatan dalam bentuk latihan bersama (latber), mulai start di Lapangan Banjengan Desa Karangsari," ungkap Ketua Patco Nurmansyah Alami, kepada KRJOGJA.com, disela balapan.

Peserta melalui rute sepanjang kurang lebih 30 kilometer di Desa Karangsari, Legetan, Ketosari dan finis di Bukit Seribu Besek Guntur. Panitia menyiapkan rute variatif, mulai jalur kering, sungai berbatu, perbukitan dan hutan.

Untuk memberi tantangan, panitia menyiapkan tiga tanjakan berhadiah. Tanjakan tersebut rata-rata sepanjang 150 meter dengan kondisi jalur ekstrim. Tanjakan tidak lurus, melainkan berundak dan dibuat di sela hutan pinus.

Menurutnya, tanjakan tersebut sulit karena jalurnya berkelok. Kendati demikian, trek tetap aman dilalui. "Tidak bisa asal ngegas, tapi harus pakai teknik, sabar dan butuh kekuatan tangan. Kalau tidak biasanya gagal," ucapnya.

Panitia memberi hadiah kepada peserta yang berhasil melalui tanjakan tanpa menjejakkan kaki pada tanah. Sebanyak 15 crosser berhasil melalui tanjakan itu sesuai yang disyaratkan panitia.

 Selain berlatih, katanya, latber di objek wisata juga bertujuan untuk mempromosikan destinasi tersebut.

"Kami melibatkan crosser berbagai daerah, tentunya mereka jadi lebih mengenal Purworejo dan destinasi wisatanya. Objek itu dipastikan viral setelah kegiatan karena hampir semua peserta juga aktif di media sosial," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI