Ratusan Pembalap Jajal Lampu dan latihan Resmi

YOGYA, KRJOGJA.com – Ratusan pembalap dari berbagai kota termasuk tuan rumah DIY siap mengasapi dan bertarung 'all-out' dalam ajang balapmotor semalam suntuk berlabel VSC Old & New Year (ONY) Nite Race 2018. 

Event tahun ke-17 sejak 2000 yang dibesut promotor otomotif Yogyakarta Drs H Najib M Saleh tersebut akan digeber di sirkuit Mandala Krida Yogya, Minggu (31/12) malam hingga Senin (1/1) pagi tahun 2018.

Sebelum memasuki fase lomba resmi tersebut dilangsungkan, terlebih dahulu para pembalap ini akan menjajal lampu dan latihan resmi Sabtu (30/12) malam  mulai pukul 19.00 sekaligus mencoba trek yang dibikin ‘dadakan’ oleh panitia penyelenggara. 
Dalam event balapmotor menyambut tahun baru ini, pihak panitia penyelenggara tidak menggunakan lampu stadion, karena sudah dibongkar sehubungan dengan pembangunan tribun baru Stadion Mandala Krida.

“Jadi untuk tahun ini kita pakai lampu sendiri, dengan menggunakan genzet berkekuatan 30 ribu watt. Sedangkan untuk scrut (pemeriksaan kelayakan motor) yang akan digunakan para pembalap dalam lomba diadakan Sabtu pagi ini mulai pukul 08.00-14.00  di sirkuit. Setelah itu dilanjutkan brifing peserta,” ujar Najib M Saleh  di sekretariat panitia Jalan Prof Supomo SH No 1064 A Yogya, Jumat (29/12).

Disebutkan, untuk balapan menyambut tahun 2018  tersebut, panitia mematok target peserta sebanyak 350 starter dengan jumlah total uang yang diperebutkan sebanyak Rp 90 juta masih ditambah puluhan trofi. 

"Untuk kejuaraan yang sifatnya terbuka ini, semua pembalap diperbolehkan tampil, baik nasional maupun lokal. Yang jelas, dari 21 kelas yang dilombakan termasuk kelas wanita, para pembalap khususnya pembalap bukan sedeed (nasional) boleh mengikuti lebih dari dua hingga tiga kelas,” tegas Najib yang hingga tahun ke-17 ini masih komitmen menggelar balapan menyambut tahun baru 2018.

Disinggung mengenai kesiapan panitia penyelenggara. Najib menjelaskan, panitia mulai Rabu (27/12) kemarin hingga Sabtu (30/12) terus melakukan pemasangan pagar pengaman penonton, pembuatan trek, pembuatan paddock pembalap, pemasangan tiang lampu penerangan lintasan dan penataan ‘space’ pedagang makanan dan minuman. (Rar)

BERITA REKOMENDASI