Rossi Berpotensi Ukir Rekor Baru di MotoGP Republik Ceko 2020

BRNO, KRJOGJA.com – Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 akan memasuki seri ketiga yang digelar di Sirkuit Brno, Republik Ceko, pada Minggu 9 Agustus. Dalam balapan yang bertajuk MotoGP Republik Ceko 2020 itu, pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, memiliki potensi untuk mengukir rekor baru.

Sepanjang berkarier di kelas premier balap motor grand prix, Rossi sejatinya telah meraih 199 podium dari 348 kali balapan. Dengan kata lain, jika Rossi mampu finis di posisi tiga besar pada balapan akhir pekan nanti, maka ia akan menjadi pembalap pertama yang meraih 200 podium di kelas premier.

Jika hanya melihat pada usia Rossi yang sudah menginjak 41 tahun, tentunya sulit membayangkan bagi The Doctor finis di jajaran tiga besar. Akan tetapi, pada gelaran MotoGP Andalusia 2020 yang dilangsungkan dua pekan lalu di Sirkuit Jerez, Rossi terbukti mampu melakukannya.

Tidak hanya itu, dalam balapan tersebut Rossi juga tampil konsisten, di mana ia berhasil mempertahankan posisinya di jajaran depan sejak awal race. Bahkan, The Doctor bisa saja finis di posisi kedua seandainya tidak disalip Maverick Vinales jelang akhir balapan.

Peluang Rossi untuk bisa mencapai podium di Brno sejatinya terbilang besar. Sebab, pembalap asal Italia itu memiliki kecocokan dengan Sirkuit Brno.

Saat ini, Rossi memegang rekor sebagai pembalap yang paling banyak memenangkan balapan di grand prix Republik Ceko pada kelas premier. Rossi telah meraih kemenangan sebanyak lima kali, yakni pada musim 2001, 2003, 2005, 2008, dan 2009.

Selain itu, Rossi juga memiliki kenangan indahnya di grand prix Republik Ceko dan Sirkuit Brno. Sebab, pertama kali dirinya memenangkan balap motor grand prix adalah di Sirkuit Brno.

Hal itu terjadi pada musim balap 1996, di mana Rossi masih berlaga di kelas 125cc. Itu merupakan musim pertama Rossi sebagai pembalap motor grand prix. Pada saat itu, usia The Doctor masih 17 tahun.

Itulah mengapa, jika Rossi berhasil mencapai podium pada balapan akhir pekan ini, tentunya akan menjadi omen yang sangat spesial bagi sang ikon MotoGP. Saat ini, Rossi tentunya tengah dalam motivasi dan semangat yang tinggi.

Rossi juga telah menemukan set-up yang tepat untuk motor balap miliknya. Itulah sebabnya pada balapan di MotoGP Andalusia 2020, The Doctor mampu tampil gemilang. Ia tak lagi mengalami kerusakan mesin seperti yang terjadi di seri perdana MotoGP 2020.

BERITA REKOMENDASI