Rossi Optimis Peluang Juarai MotoGP 2020 Cukup Besar

KRJOGJA.com – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi merasa optimis kesempatannya untuk menjadi juara dunia MotoGP 2020 cukup besar. Rossi menilai peluangnya untuk berada di posisi teratas masih ada dan mungkin bisa dilakukan dalam waktu dekat ini.

Sebab memang jarak antara Rossi dengan penghuni peringkat pertama di klasemen sementara pembalap MotoGP 2020, yang mana sedang dikuasai oleh Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) tidaklah terlalu jauh.

Jarak Rossi dengan Quartararo hanya 25 poin saja. Dengan balapan MotoGP 2020 masih menyisakan sembilan seri lagi (termasuk MotoGP San Marino 2020), maka Rossi jelas masih bisa menyalip Quartararo kapa pun juga.

Masalahnya mungkin ada di pembalap lain. Jarak Rossi dan Quartararo memang dekat, namun The Doctor yang sudah mengoleksi 45 poin itu kini bertengger di posisi ketujuh pada klasemen sementara MotoGP 2020 tersebut.

Jadi, ada lima pembalap selain Quartararo yang berdiri tepat di depan Rossi. Dengan begitu, persaingannya untuk memperebutkan posisi teratas bukan hanya dengan El Diablo –julukan Quartararo– saja, tapi juga dengan Takaaki Nakagami, Maverick Vinales, Brad Binder, Jack Miller, dan Andrea Dovizioso.

Meski begitu, Rossi tetap merasa optimis akan peluangnya menjadi juara di akhir musim nanti. Menurut rider asal Italia itu, kompetisi di musim ini sangat menarik karena siapa pun masih berpeluang untuk menjadi juara dunia.

“Semuanya sangat terbuka (untuk dapat menjadi juara dunia MotoGP 2020), saya hanya tertinggal 25 poin dari Fabio Quartararo, tapi saya berada di posisi ketujuh,” ungkap Rossi, seperti apa yang dilansir dari Crash, Jumat (11/9/2020).

“Saya memiliki dua atau tiga pembalap di depan saya dengan perbedaan satu poin dan dua atau tiga pembalap di belakang saya juga beda satu poin. Jadi, kami seperti enam pembalap dengan perbedaan beberapa poin saja. Dengan angka tersebut, segalanya menjadi mungkin (untuk menjadi juara di MotoGP 2020),” tambah pembalap berusia 41 tahun tersebut.

Untuk itu, agar Rossi semakin berpeluang menjadi juara dunia MotoGP 2020 di akhir musim nanti, ia perlu untuk memperkecil jarak poinnya dengan Quartararo. Langkah terdekat yang bisa dilakukan Rossi adalah dengan meraih hasil semaksimal mungkin saat mentas di balapan MotoGP selanjutnya, yang mana berlangsung di Sirkuit Misano, Italia.

Dalam balapan bertajuk MotoGP San Marino 2020 tersebut, Rossi dan para pembalap MotoGP lainnya akan melakoni balapan pada Minggu 13 September 2020. Jika Rossi dapat meraih hasil positif saat balapan seri keenam MotoGP 2020 itu, maka ia sudah semakin mendekati niatnya untuk berada di puncak klasemen kompetisi tersebut.

BERITA REKOMENDASI