Saat Pulih dari Cedera, Marc Marquez Mungkin Tak Sehebat Dulu

VALENCIA, KRJOGJA.com – Pembalap penguji Monster Energy Yamaha, Jorge Lorenzo, meragukan Marc Marquez (Repsol Honda) bisa kembali ke performa terbaiknya setelah pulih 100 persen dari cedera patah lengan kanan. Akan tetapi, Lorenzo tidak menutup kemungkinan Marquez akan kembali menggila, seperti sebelum patah lengan kanan.

MotoGP 2020 adalah musim terburuk Marquez sejak pertama kali balapan di kelas primer pada musim 2013. Marquez hanya tampil pada balapan perdana, MotoGP Spanyol 2020, lalu absen hingga akhir musim karena cedera patah lengan kanan.

Marquez dioperasi untuk memulihkan kondisinya. Akan tetapi, setelah operasi, Marquez mencoba peruntungannya untuk tampil pada balapan kedua, MotoGP Andalusia 2020. Marquez bahkan mengikuti sesi latihan bebas latihan empat dan kualifikasi.

Namun, setelah beberapa lap tampil di kualifikasi, Marquez akhirnya menyerah. Fisik The Baby Alien –julukan Marquez– tidak sanggup untuk tampil di MotoGP Andalusia 2020.

Aksi nekat Marquez di MotoGP Andalusia 2020 berbuah masalah baru. Plat titanium, yang dipasang di lengan kanan Marquez, rusak karena akumulasi tekanan. Alhasil, Marquez harus menjalani operasi kedua demi mengatasi masalah itu.

Operasi kedua membuat Marquez absen lebih lama daripada prediksi sebelumnya. Marquez sempat dikabarkan akan tampil pada balapan pamungkas musim ini, MotoGP Valencia 2020, tetapi itu tidak menjadi kenyataan.

Marquez memilih untuk balapan di MotoGP 2021. Pembalap asal Spanyol itu kini fokus pada pemulihan cederanya. Marquez tidak mau mengambil risiko lebih besar karena peluangnya menjadi juara pun sudah tertutup.

Namun, tidak ada jaminan bahwa Marquez akan kembali ke performa terbaik pada musim depan. Lorenzo menilai cedera berat musim ini memengaruhi pola pikir Marquez. Por Fuera –julukan Lorenzo– menyatakan ada potensi Marquez kembali ke performa terbaik atau sebaliknya.

“Untuk seorang rider yang sekompetitif Marc, secara mental cedera ini akan memberi pengaruh pada pola pikirnya. Tapi semua akan terlihat saat dia kembali nanti,” ujar Lorenzo seperti dilansir dari laman GP One, Kamis (12/11/2020).

“Saya tak tahu apakah pengaruhnya negatif atau positif. Kita lihat saja nanti di masa depan,” tandas Lorenzo.

BERITA REKOMENDASI