Salah Satu Kunci Sukses Vinales Adalah Rombak Kru

LESMO, KRJOGJA.com – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales meraih hasil apik pada MotoGP 2019 dengan finis di posisi tiga besar. Vinales menempati posisi tiga pada klasemen akhir dengan koleksi 211 poin hasil dari tujuh podium yang berbuah dua kemenangan.

 

Pencapaian Vinales sangat baik mengingat pada awal musim lalu penampilan Vinales tidak terlalu apik. Manajer Tim Yamaha, Lin Jarvis menyatakan penampilan Vinales perlahan-lahan menanjak karena adanya perombakan dalam kelompok yang mendukungnya.

 

Kelompok yang dimaksud Jarvis adalah kru Vinales. Sebelumnya, kru Vinales diisi orang-orang kompeten seperti Ramon Forcada sebagai Kepala Kru dan Wilco Zeelenberg yang bertugas menganalisis kinerja pembalap. Akan tetapi, komposisi kru sebelumnya kurang memiliki rasa kebersamaan.

Yamaha pun merombak kru Vinales pada awal musim lalu dengan memilih Esteban Garcia sebagai Kepala Kru baru. Pada awalnya dampak perubahan itu tidak begitu terasa tetapi sebagaimana yang diketahui penampilan Vinales perlahan-lahan menanjak hingga mampu meraih dua kemenangan di balapan seri Belanda dan Malaysia. Jarvis menilai itu adalah kunci penampilan apik Vinales.

“Kami membuat perubahan ini (perombakan kru) di musim dingin lalu. Maverick (Vinales) adalah seseorang yang perlu merasa di rumah, perlu merasa bahwa semua orang bekerja untuknya. Jadi saya pikir itu adalah alasan utama mengapa hasilnya meningkat," kata Jarvis, melansir dari Motorsport, Senin (30/12/2019).

“Di masa lalu dia (Vinales) memiliki kepala kru yang hebat dengan Ramon Forcada, dan kemudian Wilco (Zeelenberg) yang bertugas menganalis kinerja pembalap. Keduanya pria hebat, orang yang sangat cakap tetapi tidak ada perasaan kelompok yang sangat kuat, ikatan tersebut dan saya pikir itu adalah stimulus utama,” pungkasnya.

 

BERITA REKOMENDASI