Sean Hapal Karakteristik Sirkuit Catalunya

JAKARTA (KRjogja.com) – Empat hari lagi balapan perdana GP2 akan segera dimulai di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. Pebalap Indonesia yang tergabung dalam tim Pertamina Campos Racing, Muhammad Sean Gelael, kali pertamanya mencicipi lintasan sepanjang 4,277 kilometer ini dalam balapan resmi.

Meski demikian, Sean mengaku sudah hapal dengan karakter sirkuit yang memiliki lima tikungan ke kiri dan delapan tikungan ke kanan ini. "Sebelumnya saya memang belum pernah tampil pada balapan resmi di sirkuit ini. Namun, saya sudah hapal karakternya setelah menjalani sesi latihan pertama beberapa waktu lalu. Selain itu, di markas tim Campos hampir setiap hari kami latihan simulator dengan tempat di Sirkuit Catalunya,” kata Sean dalam rilisnya yang dikirim ke Redaksi KRjogja.com.

Sebelum tampil di GP2, Sean membalap penuh di ajang World Series Renault 3.5. Sirkuit Catalunya tidak masuk dalam kalender. Demikian juga saat Sean tampil di ajang Formula 3 Eropa pada tahun 2013 dan 2014, Catalunya lagi-lagi tidak termasuk dalam kalender balap. “Jadi ini memang pengalaman pertama. Akan tetapi, bukan berarti saya tidak mengenal sirkuit ini. Saya suka sirkuit ini karena ada beberapa titik yang memungkinkan kita melewati pebalap lain,” kata Sean.

Ruang bagi pebalap untuk saling menyusul memang terbuka karena sirkuit ini memiliki lebar lintasan 12 meter dan memiliki trek lurus sepanjang 1,05 kilometer. Yang menarik, peluang pebalap untuk salip menyalip sudah bisa terjadi pada tikungan pertama.

Pada tikungan pertama ini pula kemampuan pebalap akan langsung diuji karena setelah menggeber kencang mobilnya, mereka tiba-tiba harus mengerem kuat untuk menjaga kestabilan mobil sebelum menikung tajam ke kanan dan bergerak menanjak.(Fon)

BERITA REKOMENDASI