Sirkuit Catalunya, Kunci Pembalap MotoGP Raih Gelar Juara Dunia

SIRKUIT Catalunya menjadi salah satu seri balapan MotoGP yang terletak di Barcelona, Spanyol. Sirkuit ini pertama kali dibuka pada September 1991 dan digunakan untuk ajang balapan Formula One (F1).

Sirkuit Catalunya memiliki panjang lintasan 4,655 km di mana para pembalap MotoGP akan menghabiskan 25 lap untuk menyelesaikan balapan. Para pembalap pun akan mendapat tantangan tersendiri saat melintas di sirkuit tersebut.

Terdapat keunikan lain dari Sirkuit Catalunya, yakni jarang ada pembalap yang berhasil merebut pole position bisa juara saat race berlangsung. Terakhir kali peristiwa itu terjadi pada 2010 lalu ketika Jorge Lorenzo saat masih bersama Yamaha keluar sebagai pemenang.

Tingkat kesulitan yang bakal dihadapi para pembalap di Catalunya adalah masalah pengereman. Sirkuit yang mempunyai 13 tikungan itu memiliki trek lurus sepanjang 1 km, dan tidak sedikit yang menyatakan jika Catalunya mempunyai kemiripan dengan Sirkuit Mugello, Italia.

Tikungan pertama sirkuit ini akan menjadi tontonan menarik bagi pencinta MotoGP. Pasalnya, peluang pembalap mengubah posisinya sangat bisa terjadi.

Pertama kali balapan MotoGP di Sirkuit Catalunya digelar pada 1992, dan tahun ini menjadi yang ke-25 secara beruntun di ajang Grand Prix (GP). Tercatat hanya ada tiga sirkuit yang memiliki catatan lebih panjang dalam menggelar balapan MotoGP, yakni Jerez, Mugello dan Assen.

Sejak era motor empat tak MotoGP diperkenalkan pada 2002, Yamaha menjadi pabrikan paling sukses di Catalunya, dengan delapan kemenangan, Honda (4 kemenangan) dan Ducati (2 kemenangan).

Hal unik lain yang ditemukan di Catalunya yakni dalam sembilan tahun terakhir, selalu ada pembalap Spanyol di podium Catalunya. Kemudian dalam tiga musim terakhir, pembalap yang menang di Catalunya akhirnya menjadi juara dunia.

Marc Marquez (Repsol Honda) berhasil tampil tercepat di Catalunya dan jadi juara dunia MotoGP 2014. Sedangkan Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) finis terdepan di GP Catalunya dan jadi juara dunia  MotoGP 2015. (*)

BERITA REKOMENDASI