Terpuruk di Klasemen MotoGP 2020, Bukti Honda Lemah Tanpa Marquez

HASIL kurang menyenangkan diraih Honda di MotoGP musim ini. Tidak adanya Marc Marquez memberi dampak buruk yang sangat besar bagi Honda, terutama untuk tim pabrikan. Tim Repsol Honda mengalami kekacauan tanpa kehadiran The Baby Alien –julukan Marquez.

Hingga lima seri perdana ini, Repsol Honda tampil melempem yang hanya diperkuat Alex Marquez dan Stefan Bradl. Bahkan mereka tidak memiliki podium satu pun sejak seri pembuka yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Marquez sendiri mulai absen dari MotoGP Andalusia 2020 atau seri kedua musim ini. Ia absen setelah mengalami cedera besar yang merupakan efek berkepanjangan dari kecelakaan parah di seri perdana alias MotoGP Spanyol 2020.

Karena itu, sejak seri perdana Marquez terbilang tidak berkontribusi besar karena nihil poin. Sedangkan, sang adik, yakni Alex, juga tidak tampil menjanjikan. Pada musim debutnya ini, Alex justru gagal moncer.

Berstatus sebagai juara dunia Moto2 2019, Alex malah tidak bisa berbuat banyak. Dari lima balapan yang telah ia jalani, Alex praktis hanya mampu meraih 15 poin, di mana pencapaian tertingginya hanya finis di urutan kedelapan di MotoGP Andalusia 2020.

Sementara itu, posisi Marquez sempat digantikan Bradl di tiga seri balapan terakhir. Akan tetapi, seakan tidak membuahkan hasil, Bradl juga tampil buruk dengan konsisten berada di urutan ke-17 atau 18.

Hasil ini benar-benar menjadi bencana bagi Repsol Honda. Terlebih pada klasemen sementara tim MotoGP 2020, tim asal Jepang itu menjadi juru kunci. Total mereka hanya bisa meraih 15 poin yang hanya dipersembahkan oleh Alex seorang diri.

Catatan ini jelas mengejutkan banyak pihak. Sebanyak 11 tim yang berjuang di MotoGP 2020, Repsol Honda yang berstatus sebagai juara bertahan justru menghuni dasar klasemen sementara pada musim ini.

Repsol Honda bahkan kalah dari Tim Aprilia Racing yang sudah cukup sering berada di bawah papan klasemen tim. Poin mereka pun berselisih delapan poin, di mana Aprilia Racing cukup terbantukan dengan Aleix Espargaro dan Bradly Smith.

Tak hanya menjadi juru kunci, Repsol Honda juga mencetak rekor buruk lainnya di awal musim MotoGP 2020. Sebab, untuk pertama kalinya sejak 2010, Honda tidak mampu meraih podium di lima seri perdana MotoGP.

BERITA REKOMENDASI