Tidak Benar Jorge Lorenzo Belum Berkontribusi Untuk Ducati

BOLOGNA (KRjogja.com) – Manajer Umum Tim Ducati, Gigi Dall’Igna, menolak anggapan yang mengatakan Jorge Lorenzo belum banyak memberikan kontribusi bagi timnya. Pria berpaspor Italia itu menilai, X-Fuera –julukan Lorenzo– telah banyak memberikan masukan perihal pengembangan motor Desmosedici GP17.

Lorenzo sendiri datang ke Ducati di akhir 2016. Pembalap berkewarnegaraan Spanyol itu disiapkan Ducati untuk tampil di MotoGP 2017. Kedatangan Lorenzo langsung memunculkan keyakinan bahwa Ducati akan kembali menjadi juara dunia, seperti yang dilakukan Casey Stoner pada 2007.

Keyakinan itu muncul karena Lorenzo sukses besar selama 9 tahun membela Yamaha. Dalam periode itu, Lorenzo meraih 3 gelar juara MotoGP. Namun, harapan tidak sesuai kenyataan. Lorenzo gagal menunjukkan kelasnya di 9 race awal MotoGP 2017.

Dalam periode itu, Lorenzo hanya satu kali naik podium. Hal itu dilakukan Lorenzo di seri keempat MotoGP 2017 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol.

Selebihnya? Lorenzo sering finis di luar 5 besar. Bahkan 3 race di antaranya, Lorenzo finis di luar 10 besar! Alhasil, saat ini Lorenzo tertahan di posisi 9 klasemen sementara MotoGP 2017 dengan koleksi 65 poin. Ia terpaut 64 poin dari Marc Marquez (Repsol Honda) di puncak klasemen.

“Menurut saya, sejauh ini kontribusi Lorenzo bagi tim sangat penting. Masukan yang dilakukannya membuat kami maju selangkah,” kata Dall’Igna mengutip dari Sport Rider, Rabu (12/7/2017).

Berkat masukan dari Lorenzo, Ducati mulai bersaing di jalur juara MotoGP 2017. Namun bukan Lorenzo yang bersinar, melainkan sang rekan setim yakni Andrea Dovizioso. Dari 9 race awal, Dovizioso berhasil menang 2 kali. Hasil itu membuat pembalap berpaspor Italia itu kini berada di posisi 3 klasemen dengan koleksi 123 angka, terpaut 6 poin dari Marquez. (*) 

 

BERITA REKOMENDASI